TO BIOLOGI SOAL A
1.
“Seorang siswa melakukan penelitian tanaman
kacang pada tiga petak yang berbeda de-ngan ukuran yang sama dan ditanami biji
kacang dengan jumlah yang sama. Petak I diberi pupuk kandang petak II diberi
pupuk NPK, dan petak III tidak diberi pupuk. Ketiga petak mendapat cahaya yang
sama dan disiram air secukupnya. Setelah tiba waktu panen, ka-cang dikumpulkan
dari masing-masing petak dan ditimbang beratnya”.
Variabel bebas yang dilakukan
oleh siswa adalah … .
A.
Tiga petak sawah dan ukuran sawah
B.
Jumlah biji kacang dan berat hasil panen
C.
Jenis pupuk dan intensitas cahaya
D.
Itensitas cahaya dan volume air
E.
Petak sawah dan jenis pupuk
2.
Cermati gambar berikut!
Gambar mamalia
di atas menunjukkan adanya keanekaragaman tingkat … .
A.
Gen
B.
Jenis
C.
Ekosistem
D.
Gen dan
Jenis
E.
Takson
3.
Perhatikan gambar tumbuhan berikut!
Keenam tanaman
di atas dikelompokkan dalam kelas monokotil karena … .
A.
Tulang daun sejajar
B.
Buahnya banyak
C.
Pohonnya tinggi
D.
Bentuk daun beraneka ragam
E.
Habitatnya dataran rendah
A.
Jamur A Zygomicotina dan B Ascomycotina
B.
Jamur A Ascomycoina dan B Deuteromycotina
C.
Jamur A Ascomycotina dan B Basidiomycotina
D.
Jamur A Basidiomycotina dan B Ascomycotina
E.
Jamur A Basidiomyctina dan B Zygomicotina
Berdasarkan gambar, virus melakukan replikasi pada fase … .
A.
Adsorbs
B.
Penetrasi
C.
Perakitan
D.
Sintesis
E.
Pelepasan
6.
Perhatikan dengan seksama gambar hewan invertebara berikut!
Kedua hewan di atas tergolong insekta,karena memiliki kesamaan ciri, yaitu … .
Bagian tubuh
|
Kaki
|
Mulut
|
|
A
|
Kepala
dada
|
Sepasang
di tiap ruas tubuh
|
Mengunyah,
menggigit
|
B
|
Kepala
dan dada
|
Sepasang
di tiap ruas tubuh
|
Mengunyah,
menggigit, menjilat, dan mengisap
|
C
|
Kepala,
dada, dan perut
|
3
pasang
|
Mengunyah,
menggigit, menjilat, dan mengisap
|
D
|
Kepala,
dada, dan perut
|
3
pasang
|
Mengunyah,
mengisap
|
E
|
Kepala,
dada, dan ekor
|
3
pasang
|
Mengunyah,
menggigit, menjilat, dan mengisap
|
7.
Gambar 2, 4 dan 6 secara berurutan adalah … .
A. Nitrogen (N2), Amoniak (NH4), dan Nitrit (NO2),
B. Fiksasi N2, Nitrit (NO2), dan Asimilasi ,
C. Amoniak (NH4), Nitrat (NO3), dan Nitrogen (N2)
D. Fiksasi N2, Amoniak (NH4), Nitrat (NO3)
E. Amoniak (NH4), Nitrit (NO2), Nitrat (NO3)
|
8.
Tumpahan minyak di laut berpotensi menyebabkan
pencemaran yang berdampak negatif pada ekosistem laut. Salah satu dampak
negatif akibat tertutupnya permukaan laut oleh tumpahan minyak adalah
menurunnya populasi ... .
A.
ikan kecil karena karena kadar garam air laut
berubah
B.
zooplankton karena tidak dapat melaksanakan
fotosintesis
C.
ikan besar karena kadar oksigen air laut
meningkat
D.
fitoplankton karena tidak dapat melaksanakan
fotosintesis
E.
terumbu karang di dasar laut karena terganggunya
sirkulasi air laut.
9.
Gambar di samping merupakan salah satu kegiatan illegal loging. Praktek ini memiliki
ek-ses negatif yang sangat besar.
Gambardisampingmerupakansalahsatukegiatan
illegal loging. Praktekinimemilikieksesnegative yangsangatbesar. Berikutberapadampak
negative dari illegal loging
· 1. Menurunnya pengendali
air yang dapatmencegahbanjir
· 2. Hilangnyafungsihutansebagaipeyimpan
air
· 3. Berkurangnyakualitasdankuantitasekosistem
· 4. Kepunahansatwaalamhutan
· 5. Retanterhadapbencanakekeringan
· 6. Menurunnyakualitasbiodiversyti
Dampak negative illegal loging yang
mengganggukeanekagaramanhayatiadalah… .
·
1,3,dan 5
·
2,3 dan 5
·
2,4 dan 6
·
3, 4 dan 6
·
3, 5 dan 6
|
10.
Organel sel yang berfungsi untuk
oksidasi ma-kanan adalah yang bernomor … .
A. 5
B. 4
C. 3
D. 2
E. 1
|
11. Dari gambar membran sel tersebut di atas maka bagian yang
bernama protein integral, fosfolipid bilayer dan protein integral serta protein perifer adalah yang
bernomor … .
A.
1,2,dan 3
B.
2,1 dan 3
C.
2, 3 dan 1
D.
3,2 dan 1
E.
3,4 dan 5
12.
Perhatikan diagram percobaan berikut ini !
Peristiwa mekanisme
transport yang terjadi pada gambar tersebut adalah … .
A. osmosis
B. difusi
C. isotonik
D. transport aktif
E. imbibisi
|
13. Perhatikan gambar penampang batang monokotil berikut!
14. Perhatikan gambar jaringan berikut!
Pernyataan yang benar tentang jenis jaringan dan fungsi-nya adalah … .
|
15. Perhatikan skema proses menstruasi berikut!
A. memacu hipofisis untuk memproduksi hormon FSH
B. menghambat produksi hormon estrogen dan progesteron
C. bekerja sama dengan hormon FSH mempenga-ruhi sel folikel
mengeluarkan ovum
D. merangsang korpus luteum sehingga mengha-silkan hormon estrogen
dan progesteron
E. Korpus luteum menghasilkan hormon
progeste-ron.memeliharapertumbuhan endometrium
|
16. Perhatikan gambar nefron berikut!
Berdasarkan gambar tersebut, yang berfungsi untuk proses filtrasi dan yang menghasilkan urin sekunder berlangsung pada nomor ... .
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 5
E. 5 dan 1
|
17. Amir mengalami gejala berikut :
1.
Nafsu makan dan berat badan menurun, sesak
dada
2.
Batuk kronis
3.
Kelelahan
4.
Sesak napas dalam waktu lama dan
5.
Tidak dapat disembuhkan dengan obat pelega
Berdasarkan gejala
tersebut diduga Amir menderita penyakit …
.
A.
Asma
B.
Faringitis
C.
Empisema
D.
Influenza
E.
Bronchitis
18.
Jika pembuluh darah tersumbat dengan plaque seperti pada gambar, maka
orang yang bersangkutan peredar-an darahnya terganggu karena penyumbatan.
Orang tersebut menderita … .
A.
Embolus
B.
Gagaljantung
C.
Atherosklerosis
D.
Trombus
E.
Aritmia
|
19. Hasil laboratorium Tuan Soni adalah sebagai berikut!
Sel-sel darah
|
Per mm darah
|
Hasil Laboratorium
|
erytrosit
|
4
– 6 juta
|
5,1
juta
|
leukosit
|
4,5
– 10 ribu
|
6,8
ribu
|
trombosit
|
150
– 100 ribu
|
70
ribu
|
Dari hasil laboratorium, Tuan Soni diduga menderita
penyakit ... .
A. aids
B. tifus
C. hepatitis
D. flu burung
E. demam berdarah
20. Perhatikan tabel pertumbuhan kecambah kacang hijau!
Kecambah ke :
|
Kecambah di
tempat terang
|
Kecambah di
tempat gelap
|
1
|
9,00
|
22,00
|
2
|
8,20
|
22,50
|
3
|
8,00
|
22,40
|
4
|
10,0
|
21,00
|
Rata-rata
|
8,80
|
21,98
|
Dari hasil pengamatan pertumbuhan kacang hijau selama 6
hari, ternyata kecambah yang ditumbuhkan ditempat gelap lebih cepat pemanjangan
batangnya daripada di tempat te-rang. Hal ini disebabkan cahaya … .
A.
Memacu kerja pigmen antosianin
B.
Merusak hormon auksin ujung batang
C.
Mengaktifkan hormon asam absisat
D.
Menghambat kerja enzim pada kotiledon
E.
Menguapkan air yang dibutuhkan kecambah
21. Perhatikan jalur metabolisme Piruvat berikut!
|
22.
Pernyataan tentang inhibitor enzim yang benar berdasarkan gambar atau diagram berikut adalah … .
Pernyataan tentang inhibitor enzim yang benar berdasarkan gambar atau diagram berikut adalah … .
A. 1 inhibitor kompetitif, menghambat kerja enzim dengan menempati sisi aktif enzim se-hingga substrat tidak dapat masuk; 2 inhibitor non kompetitif, berikatan pada sisi selain sisi aktif enzim dan menyebabkan perubahan bentuk enzim sehingga sisi aktif menjadi tidak sesuai.
B.
1 inhibitor kompetitif, berikatan pada sisi selain sisi aktif
enzim dan menyebabkan perubahan bentuk enzim sehingga sisi aktif menjadi tidak sesuai;
2. Inhibitor non kompetitif menghambat kerja enzim dengan menempati sisi aktif enzim
sehingga sub-strat tidak dapa tmasuk
C.
1 inhibitor kompetitif, berikatan pada sisi selain sisi aktif
enzim dan menyebabkan perubahan bentuk enzim sehingga sisi aktif menjadi tidak sesuai;
2. Inhibitor non kompetitif menghambat kerja enzim dengan menempati sisi aktif enzim
sehingga sub-strat tidak dapat masuk
D.
1 inhibitor non kompetitif, berikatan pada sisi selain sisi
aktif enzim dan menyebabkan perubahan bentuk enzim sehingga sisi aktif menjadi tidaksesuai;
2 inhibitor kompeti-tif, menghambat kerja enzim dengan menempati sisi aktif enzim
sehingga substrat ti-dak dapat masuk
E.
1 inhibitor kompetitif
berupa malonat dan oksalosuksinat, yang bersaing dengan sub-strat suksinat; 2 inhibitor non kompetitif berupa senyawa kimia
yang tidak mirip de-ngan substrat
23. Perhatikan data hasil percobaan enzim katalase berikut!
Larutan
|
Ekstrak
Hati + H2O2
|
|
gelembung
|
nyala
api
|
|
pH 4
|
+
|
–
|
pH 7
|
+++
|
++
|
pH 11
|
++
|
+
|
dipanaskan 400C
|
–
|
–
|
dipanaskan 370C
|
++
|
++
|
Data di atas membuktikan
bahwa kerja enzim katalase dipengaruhi oleh
… .
A.
Ekstrak hati dan pH 4
B.
Ekstrak hati dan H2O2
C.
H2O2 dan suhu
D.
pH dan suhu
E.
H2O2 dan pH 4
Berdasarkan diagram hubungan antara metabolisme
protein, karbohidrat, dan lemak di samping, maka a-sam amino memasuki daur
krebs harus berubah ter-lebih dahulu menjadi senyawa … .
A.
Amoniak
– asam oksalo
asetat
B.
Gliseraldehid-3p – asetil ko A
C.
Asetil co A – asam piruvat
D.
Amoniak – asam oksalo
asetat
E.
Asam
piruvat – asetil
ko A
|
25. Gambar berikut merupakan perangkat percobaan
fotosintesis!
Pernyataan
yang benar
tentang percobaan dan kesimpulannya adalah … .
A. Ingen Houze, membuktikan bahwa fotosintesis
menghasilkan amilum
B. IngenHauze, membuktikan bahwa fotosintesa membutuhkan
cahaya matahari
C. Sachs, membuktikan bahwa fotosintesa mengahasilkan
amilum
D. Sachs, membuktikan bahwa fotosintesa membutuhkan CO2
E. Sachs, membuktikan bahwa fotosintesis menghasilkan O2
|
26.
|
Berdasarkan gambar, satu Nukleotida ditunjukkan oleh nomor … .
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 2, dan 6
C. 2, 3, dan 4
D. 2, 6, dan 7
E. 4, 5, dan 8
|
27. Perhatikan skema sintesis protein berikut ini!
Berdasarkan
skema sintesis protein tersebut yang ditunjukkan oleh X, Y, dan Z secara
urut adalah … .
A.
Transkripsi,
Ribosom, RNAt
B.
Transkripsi,
RNAd, RNAt
C.
Replikasi, RNAd,
Ribosom
D.
Replikasi,
Ribosom, RNAd
E.
RNAd, RNAt,
Transkripsi
|
28.
Perhatikan gambar tahap-tahap pembentukan sperma yang terjadi di dalam testis berikut ini!
|
29. Pada marmot, warna bulu hitam
dominan terhadap albino dan bulu kasar dominan terha-dap bulu halus. Marmot yang
berbulu hitam kasar dikawinkan dengan yang berbulu albino halus menghasilkan
keturunan F-1 yang semuanya berbulu hitam kasar. Jika marmot dari keturunan F-1 tersebut dikawinkan
dengan yang berbulu albino halus maka keturunannya yang berbulu hitam kasar
adalah sebanyak … .
A. 75 %
B. 56 %
C. 37 %
D. 25 %
E.
6 %
30. Pada gandum gen H (hitam) epistasis terhadap gen K
(kuning). Apabila kedua gen H dan K tidak muncul, gandum memperlihatkan fenotip
putih. Bila gandum hitam (HHkk) disi-langkan dengan gandum kuning (hhKK),
kemudian F1-nya disilangkan sesamanya, maka akan disilangkan gandum hitam, kuning,
dan putih dengan rasio ....
A.
12 : 1 : 3
B.
12 : 3 : 1
C.
9 : 4 : 3
D.
9 : 3 : 4
E.
3 : 1 : 12
31. Bila ibu carrier dan ayah hemophilia maka kemungkinan
anak-anaknya … .
A.
Semua anak laki-laki hemophilia
B.
Semua anak perempuan hemophilia
C.
50% turunannya hemophilia dan 50% lagi normal
D.
25% anaknya laki-laki hemophilia dan 75% turunannya yang lain normal
E.
Semua anak laki-laki normal
32. Peta silsilah di
bawah
ini mengenai sifat butawarna
yang terpaut kromosom X,
jika gen (C) untuk peng-
lihatan normal dan gen (c) untuk
buta warna.
A. 1, 2 dan 4
B. 1, 4 dan 6
C. 2, 4 dan 6
D. 2, 4 dan 5
E. 3, 4 dan 6
33. Perhatikan ciri-ciri kelainan berikut!
1.
Gagal
berpisah pada kromosom seks
2.
Satu
dari setiap 2000
kelahiran
3.
Pria
steril
4.
Terbentuk
kelenjar payudara
5.
Pertumbuhan mental cenderung lambat
Kelainan dengan ciri-ciri tersebut termasuk menderita sindrom … .
A.
Down
B.
Turner
C.
Jacob
D.
Klinefelter
E.
Edward
34. Perhatikan
gambar percobaan berikut !
Kesimpulan dari percobaan di atas adalah …
.
A.
Belatung
berasal dari benda mati
B.
Mahluk
hidup berasal dari telur
C.
Belatung
berasal dari daging
D.
Mahluk
hidup terjadi dengan sendirinya
E.
Belatung
berasal dari telur lalat
35. Kejadian-kejadian yang terdapat di alam antara lain :
1.
Banyak ditemukan Biston betularia hitam di Inggris setelah revolusi
industri.
2.
Paruh burung menjadi lebih pendek karena mencari biji diantara batuan
3.
Ditemukan lebih banyak belalang hijau di lapangan rumput
4.
Kaki kuda bertambah panjang karena digunakan untuk berlari
Kejadian yang merupakan hasil dari proses seleksi alam
adalah ... .
A.
1 dan 2
B.
1 dan 3
C.
2 dan 3
D.
2 dan 4
E.
3 dan 4
36. Bila pada populasi manusia ada 9 orang mengalami gangguan
mental untuk setiap 10000 populasi penduduk. Maka jumlah populasi manusia yang heterozigot
normal tiap 10000 penduduk adalah ... .
A. 582 orang
B. 291 orang
C. 109 orang
D. 91 orang
E. 9 orang
37. Contoh-contoh tentang analogi dan homologi antara lain sebagai berikut:
1)
Sayap
kupu-kupu dan sayap burung.
2)
Sayap
kupu-kupu dan tangan manusia.
3)
Sayap burung
dan tangan manusia.
4)
Sayap
kelelawar dan sayap burung.
5)
Kaki manusia
dan kaki belakang kuda.
Pasangan organ tubuh yang
termasuk organ homolog adalah nomor … .
A.
1 dan 2
B.
1 dan 5
C.
2 dan 3
D.
2 dan 4
E.
4 dan 5
38. Beberapa produk bioteknologi dalam bidang kesehatan antara lain sebagai berikut:
1)
Antibiotic
2)
Insulin
3)
Pembuatan anggur
4)
Antibodi monoklonal
Penerapan bioteknologi konvensional ditunjukkan oleh nomor … .
A.
1) dan 2)
B.
1) dan 3)
C.
2) dan 3)
D.
2) dan 4)
E.
3) dan 4)
39. Implikasi
bioteknologi bagi kehidupan manusia umumnya bermanfaat dalam meningkat-kan kesejahteraan masyarakat. Dengan munculnya berbagai organisme unggul
atau trans-genik yang begitu cepat, namun
dipastikan akan muncul dampak negatif yang mungkin timbul adalah …. .
A.
kerusakan ekosistem
B.
erosi plasma nutfah
C.
biaya rehabilitasi hutan meningkat
D.
hilangnya daya dukung lingkungan
E.
organisme resisten terhadap penyakit
40. Perhatikan tabel berikut tentang bioteknologi!.
Bahan
|
Proses
|
Hasil
|
Tikus,
antigen/ bibit pe-nyakit, jaringan
kanker
|
Antigen
disuntikkan ke tubuh seekor tikus sehat, dihasilkan antibodi, sel tikus yang
menghasilkan antibodi di-difusikan dengan sel kanker.
|
Antibody
monoklonal
|
Hal-hal yang
benar dan tepat dengan tabel di atas adalah… .
A.
Merupakan bioteknologi modern dengan rekayasa genetika melalui fusi sel
B.
antibodi monoklonal dihasilkan oleh industry farmasi tanpa melibatkan
organisme hi-dup
C.
Bioteknologi konvensional yang memakai langsung tikus sebagai media dalam
perco-baan
D.
Transfer gen manusia ke gen tikus sehingga dapat menghasilkan antibodi
monoklonal
E.
Kemampuan sel kanker yang membelah dengan cepat menggagalkan percobaan
terse-but.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar