Total Tayangan Halaman

Rabu, 31 Januari 2018

Kisi UNBK dan USBN 2018

No.
Indikator pencapaian UN
Materi
Perkiraan INDIKATOR SOAL
No Soal
1.        
Peserta didik mampu memahami dan menguasai:
-     Ciri-ciri makhluk hidup dan perannya dalam kehidupan (1)

Virus
Sisw dapat menjelaskan ciri-ciri penyakit yang disebabkan oleh virus
Disajikan gambar Virus siswa dapat menjelaskan fungsi  bagian yang ditunjuk

Siswa dapat menentukan  ciri-ciri organisme tertentu dari ciri umum yang ditentukan




Bakteri
Disajikan gambar bakteri siswa dapat menjelaskan fungsi  bagian yang ditunjuk
Sisw dapat menjelaskan ciri-ciri penyakit yang disebabkan oleh bakteri
Siswa dapat menjelaskan peranan bakteri




Protista
Disajikan gambar Protista siswa dapat menjelaskan bagian yang ditunjuk
Sisw dapat menjelaskan ciri-ciri penyakit yang disebabkan oleh Protista
Siswa dapat menjelaskan peranan Protista

2.        
Peserta didik mampu memahami dan menguasai:

Keanekaragaman tingkat gen, spesies, ekosistem (2)

Tingkat Keanekaragaman
Siswa dapat menentukan tingkat keanekara-gaman berdasarkan data/gambar  yang ditampilkan

3.        
Peserta didik mampu meng-aplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-     Pemecahan masalah biologi dengan kerja ilmiah  (3)
Kerja Ilmiah
Disajikan data tentang langkah kerja ilmiah, siswa dapat merunutkan langkah kerja ilmiah dengan benar

Disajikan data penelitian/percobaan siswa dapat menentukan variabel/ meramalkan hipotesis


4
Peserta didik mampu meng-aplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-     Dasar-dasar pengelompokan Mahluk hidup(4)
-       Klasifikasi tumbuhan
-       Klasifikasi Vertebrata
-       Klasifikasi
Monera dan Protista hewan
Disajikan data/gambar  berbagai jenis MH , siswa dapat menenentukan  dasar pengelompokannya



5.
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-     Daur hidup mahluk hidup (invertebrate dan tumbuhan tingkat rendah ) (5)

-          Platyhelminthes
-          Coelenterate
-          Lumut
-          Paku
Disajikan gambar/data tentang daur hidup hewan invertebrate  atau tumbuhan tigkat rendah siswa dapat menentukan tahapan dalam daur hidup tersebut

6.
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-     Aliran energi dan daur materi pada ekosistem (6)

-          Jaring2 makanan
-          Daur biogeokimia
Disajikan diagram, atau gambar sikus unsur siswa dapat : - menentukan proses yang terjadi berdasarkan gambar  (N dan C)
Menentukan  peran organisme dalam daur tersebut

7
Peserta didik mampu mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-     Dampak perubahan lingkungan dan tindak perbaikannya.(7)

-          Perubahan lingkungan
Disajikan kasus tentang perubahan lingkungan siswa dapat meramalkan   perubahan/factor  yang mempengaruhi perubahan lingkungan

8
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam:
-     Pengelompokan mahluk hidup dari hasil pengamatan (8)

Protista



Vertebrata


Disajikan gambar  Protista, siswa dapat :
-          menemukan alasan pengelompokkannya
-          menarik kesimpulan tentang klasifikasinya

Disajikan gambar vertebrata, siswa dapat:
- menemukan alas an pengelompokkannya
- menarik kesimpulan tentang klasifikasinya



Jamur
Disajikan gambar  jamur , siswa dapat :
-          menemukan alasan pengelompokkannya
-          menarik kesimpulan tentang klasifikasinya




Tumbuhan (lumut, Paku,, Angiospermae dan Gymnospermae)
Disajikan beberapa gambar/ciri  tumbuhan siswa dapat :
-          menemukan alasan pengelompokkannya
-          menarik kesimpulan tentang klasifikasinya



Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam:
-     Tindakan perbaikan dan pelestarian lingkungan (9)

Studi kasus tentang lingkungan



Disajikan kasus tentang perubahan lingkungan siswa dapat:
 - menganalisis kasus yang ditampilkan
- menarik kesimpulan dari kasus tersebut


 Peserta didik dapat memahami dan mengusai:
-     Struktur dan fungsi jaringan pada tumbuhan tinggi (10)

Struktur dan fungsi jaringan pada organ tumbuhan
Disajikan gambar organ tumbuhan, siswa dapat:
-           menjelaskan fungsi dari jaringan yang ditunjuk
-          Menentukan jenis jaringan yang ditunjuk


Peserta didik dapat memahami dan menguasai:
-     Struktur dan fungsi jaringan pada manusia dan hewan vertebrata (11)

Hubungan antara jenis jaringan, dan fungsinya
Disajikan beberapa gambar jaringan, siswa dapat :
- menentukan hubungan antara gambar, macam dan fungsi jaringan


Peserta didik dapat memahami dan menguasai:
-     Sistem organ dan fungsinya (12)

System:
-       Pencernaan
-       Peredaran darah
-       Indera
-       Reproduksi
Disajikan gambar tentang organ pada manusia, siswa dapat: - menentukan bagian yang ditunjuk dengan fungsinya
-          Menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk



Peserta didik dapat mema-hami dan menguasai:
-       Gangguan/penyakit pada system organ manusia (13)

System :
-        pencernaan
-        pernafasan

Disajikan ciri-ciri/gejala suatu penyakit siswa dapat :
- menentukan jenis penyakitnya


Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang :
- mekanisme kerja sistem organ tubuh manusia (14)
System:
-        ekskresi
-        peredaran darah
-        pernafasan
-        gerak
-        reproduksi
Disajikan gambar organ tubuh bagian yang ditunjuk hewan/manusia siswa dapat :
-          menentukan proses yg terjadi



Pengaruh gangguan/ serangan penyakit pada mekanisme kerja organ (15)
System :
-          Ekskresi
-          Pernafasan 
Disajikan ciri atau gejala suatu penyakit siswa dapat :
 - menentukan gangguan pada organnya


Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam:
-     Data hasil uji laboratorium klinis (16)

System :
-          Ekskresi
-        Peredaran darah
Disajikan data hasil laboratorium, siswa dapat :
- menarik kesimpulan dari data tersebut


Peserta didik mampu
menggunakan nalar dalam:
-     Percobaan factor eksternal pertumbuhan tumbuhan  dan pekembangan (17)

Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tanaman
Disajikan data hasil percoban/grafik siswa dpt:
- Menarik kesimpulan
-  Menginterpretasikan


Peserta didik memahami dan menguasai:
-     Struktur,fungsi dan susunan kimia sel (18)

                                  
Struktur dan fungsi Organel Sel
Struktur Membran sel
Disajikan gambar sel, siswa dapat :
- menentukan organel sel yang ditunjuk
- menjelaskan proses/fungsi yang  terjadi pada  organel-nya




Peserta didik memahami dan menguasai:
-     Susunan dan fungsi RNA, DNA dan kromosom (19)


strukturDNA/RNA
Siswa dapat :
-          Menentukan rantai nukleotida
-          Menyebutkan perbedaan antara DNA dan RNA


Peserta didik memahami dan menguasai:
-     Metabolisme Sel (20)

metabolisme
Siswa dapat menjelaskan tentang metabolisme
(katabolisme,anabolisme, respirasi, fotosintesis, fermentasi,)


Peserta didik memahami dan me
-     Prinsip Bioteknologi (21)


bioteknologi
Siswa dapat :
-          menjelaskan prinsip bioteknologi
-          menentukan prinsip dasar bioteknologi


Peserta didik dapat meng-aplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-          Transfor melalui membran (22)
  Proses yg terjadi pada membran sel



Disajikan gambar tentang  transport antar membrane,siswa dapat menentukan  prosesnya




Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-          Sifat enzim dan kinerjanya (23)

-          Katabolisme dan anabolisme (karbohidrat, lemak dan protein ) (24)
-      
Enzim





Metabolisme
Disajikan gambar atau diagram , siswa dapat:
-           menentukan  cara kerja enzim
-          Mengemukakakn sifat enzim



Disajikan diagram Siswa dapat:
-           menentukan  bahan/atau hasil dari proses yang ditunjukkan




Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-          Reproduksi sel  (25)

Reproduksi sel
Disajikan gamabr, siswa dapat menentukan fase pembelahannya


Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang :
-          Sintesa protein (26)

Sitesa protein
Siswa dapat menentukan  tahap dalam sintesa protein berdasarkan gambar/


Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-          Dampak bioteknologi (27)
-      
Produk bioteknologi
Siswa dapat meramalkan dampak penggunaan produk bioeknologi


Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam:
-     Perobaan Transpor membrane (28)
-         
Trnspor antar membra
Disajikan gambar hasil percobaan osmosa/difusi, siswa dapat menarik kesimpulan dari peristiwa yang ditampilkan


  Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam:
-     Percobaan kinerja Enzim 29

-     Mekanisme katabolisme dan anabolisme 30






                               
Mekanisme kerja enzim (diagram)


Glikolisis, Daur krebs, Trasfer elekton
Reaksi fotosintesis
Katabolisme

Perangkat percobaan Fotosintesis, fermentasi
Disajikan data percobaan kinerja enzim, siswa dapat menarik kesimpulan


Disajika gambar/diagram siswa dapat menginterpretasikan gambar yang disediakan

Disajikan perangkat percobaan fotosintesis siswa dapat menarik kesimpulannya

Disajikan percobaan fermentasi, siswa dapat menarik kesimpulan hasil percobaannya


Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam:
-     Mekanisme bioteknologi 31
Prinsip dasar bioteknologi
Disajikan gambar proses bioteknologi modern/rekayasa genetika siswa dapat :
- menemukan  bagian yang ditunjuk
- menganalisis peristiwa yang ditunjuk


Peserta didik mampu memahami dan menguasai:
-     Hukum-hukum Mendel (32)
Membuat/menghitung gamet

Disajikan kasus, siswa dapat menyelesaikan persilangannya
Siswa dapat menentukan gamet yang terbentuk dari sebuahgenotip
Siswa dapat menentukan jumlahgamet yang terbentuk




Peserta didik mampu memahami dan menguasai:
-     Mutasi gen dn kromosom (33)


Disajikan gambar, siswa dapat menentukan jenis mutasinya
Disajikan ciri2 kelinan karena mutasi/aberasi siswa dapat menentukan jenis sindromnya


Peserta didik mampu memahami dan menguasai:
-     Teori evolusi Biologi (34)

Evolusi
     Siswa dapat menjelaskan perbedaan 2 teori evolusi


Peserta didik  dpat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-     Persilangan menurut hukum Mendel (35)

Menghitung hasil persilangan , monohybrid, dihibrid
Disajikan kasus, siswa dapat :
-           menyelesaikan persilangannya
-          Menghitung keturunannya


Peserta didik  dpat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-     Penyimpangan semu hukum Mendel (36)
Penyimpangan hokum mendel
Disajikan data pesilangan penyimpangan semu hukum mendel, siswa dapat  menghitung kemungkinan hasil persilangan


 Peserta didik  dpat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-     Hereditas pada manusia (37)
Buta warna, Hemofilia



Disajikan data perkawinan penyakit menurun terpaut kromosom seks x, siswa dapat menghitung  prosentase hasil keturunannya



Peserta didik  dpat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-     Petunjuk/bukti-bukti evolusi (38)

Evolusi
Disajikan gambar, siswa dapat menentukan bukti-bukti evolusi


Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam:
-     Penelusuran hereditas manusia berdasarkan peta silsilah (39)
Hereditas Manusia


Disajikan peta silsilah, siswa dapat menemukan  genotip dari individu yang ditentukan


Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam:
-     Mekanisme evolusi (40)

Hukum Hardy Weinberg
Spesiasi
Siswa dapat menganalisis frekuensi gen dan genotif menggunakan hukum hardy Weinberg
Siswa dapat menarik kesimpulan tentang spesiasi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar