No.
|
Indikator pencapaian UN
|
Materi
|
Perkiraan INDIKATOR SOAL
|
No Soal
|
1.
|
Peserta didik mampu memahami dan menguasai:
- Ciri-ciri makhluk
hidup dan perannya dalam kehidupan (1)
|
Virus
|
Sisw dapat menjelaskan ciri-ciri penyakit yang
disebabkan oleh virus
Disajikan gambar
Virus siswa dapat menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk
Siswa
dapat menentukan ciri-ciri organisme
tertentu dari ciri umum yang ditentukan
|
|
Bakteri
|
Disajikan gambar
bakteri siswa dapat menjelaskan fungsi
bagian yang ditunjuk
Sisw dapat
menjelaskan ciri-ciri penyakit yang disebabkan oleh bakteri
Siswa dapat
menjelaskan peranan bakteri
|
|||
Protista
|
Disajikan gambar
Protista siswa dapat menjelaskan bagian yang ditunjuk
Sisw dapat
menjelaskan ciri-ciri penyakit yang disebabkan oleh Protista
Siswa dapat
menjelaskan peranan Protista
|
|||
2.
|
Peserta didik mampu memahami dan
menguasai:
Keanekaragaman tingkat gen, spesies, ekosistem (2)
|
Tingkat Keanekaragaman
|
Siswa
dapat menentukan tingkat keanekara-gaman
berdasarkan data/gambar yang
ditampilkan
|
|
3.
|
Peserta didik mampu
meng-aplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-
Pemecahan masalah biologi dengan kerja ilmiah (3)
|
Kerja Ilmiah
|
Disajikan data tentang langkah kerja
ilmiah, siswa dapat merunutkan
langkah kerja ilmiah dengan benar
Disajikan data penelitian/percobaan
siswa dapat menentukan variabel/ meramalkan hipotesis
|
|
4
|
Peserta didik mampu meng-aplikasikan
pengetahuan dan pemahaman tentang:
- Dasar-dasar
pengelompokan Mahluk hidup(4)
|
- Klasifikasi tumbuhan
- Klasifikasi Vertebrata
- Klasifikasi
Monera dan Protista hewan
|
Disajikan
data/gambar berbagai
jenis MH , siswa dapat menenentukan dasar
pengelompokannya
|
|
5.
|
Peserta didik mampu
mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-
Daur hidup mahluk
hidup (invertebrate dan tumbuhan tingkat rendah ) (5)
|
-
Platyhelminthes
-
Coelenterate
-
Lumut
-
Paku
|
Disajikan
gambar/data tentang daur hidup hewan invertebrate atau tumbuhan tigkat rendah siswa dapat menentukan tahapan dalam daur hidup
tersebut
|
|
6.
|
Peserta didik mampu mengaplikasikan
pengetahuan dan pemahaman tentang:
- Aliran energi dan daur
materi pada ekosistem (6)
|
-
Jaring2
makanan
-
Daur
biogeokimia
|
Disajikan diagram,
atau gambar sikus unsur siswa dapat : - menentukan
proses yang terjadi berdasarkan gambar
(N dan C)
Menentukan peran
organisme dalam daur tersebut
|
|
7
|
Peserta didik mampu
mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-
Dampak perubahan
lingkungan dan tindak perbaikannya.(7)
|
-
Perubahan
lingkungan
|
Disajikan kasus
tentang perubahan lingkungan siswa dapat meramalkan
perubahan/factor yang mempengaruhi perubahan lingkungan
|
|
8
|
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam:
-
Pengelompokan
mahluk hidup dari hasil pengamatan (8)
|
Protista
Vertebrata
|
Disajikan
gambar Protista, siswa dapat :
-
menemukan alasan pengelompokkannya
-
menarik kesimpulan tentang klasifikasinya
Disajikan gambar
vertebrata, siswa dapat:
- menemukan alas an
pengelompokkannya
- menarik kesimpulan
tentang klasifikasinya
|
|
Jamur
|
Disajikan
gambar jamur , siswa dapat :
-
menemukan alasan pengelompokkannya
-
menarik kesimpulan tentang klasifikasinya
|
|||
Tumbuhan (lumut, Paku,, Angiospermae dan
Gymnospermae)
|
Disajikan beberapa
gambar/ciri tumbuhan siswa dapat :
-
menemukan alasan pengelompokkannya
-
menarik kesimpulan tentang klasifikasinya
|
|||
Peserta didik mampu menggunakan nalar dalam:
-
Tindakan
perbaikan dan pelestarian lingkungan (9)
|
Studi kasus
tentang lingkungan
|
Disajikan kasus
tentang perubahan lingkungan siswa dapat:
- menganalisis
kasus yang ditampilkan
- menarik kesimpulan dari kasus
tersebut
|
||
Peserta didik dapat memahami dan mengusai:
-
Struktur dan fungsi jaringan pada
tumbuhan tinggi (10)
|
Struktur dan
fungsi jaringan pada organ tumbuhan
|
Disajikan gambar
organ tumbuhan, siswa dapat:
-
menjelaskan fungsi dari jaringan yang ditunjuk
-
Menentukan jenis jaringan yang ditunjuk
|
||
Peserta didik dapat memahami dan menguasai:
-
Struktur dan fungsi jaringan pada
manusia dan hewan vertebrata (11)
|
Hubungan antara jenis jaringan, dan fungsinya
|
Disajikan beberapa
gambar jaringan, siswa dapat :
- menentukan hubungan antara gambar,
macam dan fungsi jaringan
|
||
Peserta didik dapat memahami dan menguasai:
-
Sistem organ dan fungsinya (12)
|
System:
-
Pencernaan
-
Peredaran darah
-
Indera
-
Reproduksi
|
Disajikan gambar
tentang organ pada manusia, siswa dapat: - menentukan bagian yang ditunjuk dengan fungsinya
-
Menjelaskan fungsi bagian yang ditunjuk
|
||
Peserta didik dapat mema-hami dan menguasai:
-
Gangguan/penyakit
pada system organ manusia (13)
|
System :
-
pencernaan
-
pernafasan
|
Disajikan
ciri-ciri/gejala suatu penyakit siswa dapat :
- menentukan jenis penyakitnya
|
||
Peserta didik dapat
mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang :
- mekanisme kerja sistem organ tubuh
manusia (14)
|
System:
-
ekskresi
-
peredaran darah
-
pernafasan
-
gerak
-
reproduksi
|
Disajikan gambar
organ tubuh bagian yang ditunjuk hewan/manusia siswa dapat :
-
menentukan proses yg terjadi
|
||
Pengaruh gangguan/ serangan penyakit
pada mekanisme kerja organ (15)
|
System :
-
Ekskresi
-
Pernafasan
|
Disajikan ciri atau
gejala suatu penyakit siswa dapat :
- menentukan
gangguan pada organnya
|
||
Peserta didik mampu
menggunakan nalar dalam:
- Data
hasil uji laboratorium klinis (16)
|
System :
-
Ekskresi
-
Peredaran darah
|
Disajikan data hasil
laboratorium, siswa dapat :
- menarik kesimpulan dari data tersebut
|
||
Peserta didik mampu
menggunakan nalar dalam:
-
Percobaan factor
eksternal pertumbuhan tumbuhan dan
pekembangan (17)
|
Faktor-faktor
yang mempengaruhi pertumbuhan pada tanaman
|
Disajikan data hasil
percoban/grafik siswa dpt:
- Menarik kesimpulan
-
Menginterpretasikan
|
||
Peserta didik memahami dan menguasai:
-
Struktur,fungsi dan susunan kimia sel (18)
|
Struktur dan
fungsi Organel Sel
Struktur
Membran sel
|
Disajikan gambar
sel, siswa dapat :
- menentukan organel sel yang ditunjuk
- menjelaskan proses/fungsi yang terjadi pada organel-nya
|
||
Peserta didik memahami dan menguasai:
-
Susunan dan fungsi RNA, DNA
dan kromosom (19)
|
strukturDNA/RNA
|
Siswa dapat :
-
Menentukan rantai nukleotida
-
Menyebutkan perbedaan antara DNA dan RNA
|
||
Peserta didik memahami dan menguasai:
-
Metabolisme Sel
(20)
|
metabolisme
|
Siswa dapat menjelaskan tentang metabolisme
(katabolisme,anabolisme,
respirasi, fotosintesis, fermentasi,)
|
||
Peserta didik memahami dan me
-
Prinsip Bioteknologi (21)
|
bioteknologi
|
Siswa dapat :
-
menjelaskan prinsip bioteknologi
-
menentukan prinsip dasar bioteknologi
|
||
Peserta didik dapat
meng-aplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-
Transfor melalui
membran (22)
|
Proses yg terjadi pada membran sel
|
Disajikan gambar
tentang transport antar membrane,siswa
dapat menentukan prosesnya
|
||
Peserta didik dapat mengaplikasikan
pengetahuan dan pemahaman tentang:
-
Sifat enzim dan kinerjanya (23)
-
Katabolisme dan anabolisme (karbohidrat,
lemak dan protein ) (24)
-
|
Enzim
Metabolisme
|
Disajikan gambar
atau diagram , siswa dapat:
-
menentukan cara kerja
enzim
-
Mengemukakakn sifat enzim
Disajikan diagram
Siswa dapat:
-
menentukan bahan/atau
hasil dari proses yang ditunjukkan
|
||
Peserta didik dapat
mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-
Reproduksi sel (25)
|
Reproduksi sel
|
Disajikan gamabr,
siswa dapat menentukan fase
pembelahannya
|
||
Peserta didik dapat
mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang :
-
Sintesa protein
(26)
|
Sitesa protein
|
Siswa dapat menentukan tahap dalam sintesa protein berdasarkan
gambar/
|
||
Peserta didik dapat
mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-
Dampak bioteknologi
(27)
-
|
Produk
bioteknologi
|
Siswa dapat meramalkan dampak penggunaan produk
bioeknologi
|
||
Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam:
-
Perobaan Transpor membrane (28)
-
|
Trnspor antar
membra
|
Disajikan gambar
hasil percobaan osmosa/difusi, siswa dapat menarik kesimpulan dari peristiwa yang ditampilkan
|
||
Peserta didik dapat menggunakan nalar dalam:
- Percobaan kinerja Enzim
29
- Mekanisme
katabolisme dan anabolisme 30
|
Mekanisme
kerja enzim (diagram)
Glikolisis,
Daur krebs, Trasfer elekton
Reaksi
fotosintesis
Katabolisme
Perangkat
percobaan Fotosintesis, fermentasi
|
Disajikan data percobaan
kinerja enzim, siswa dapat menarik
kesimpulan
Disajika
gambar/diagram siswa dapat menginterpretasikan
gambar yang disediakan
Disajikan perangkat
percobaan fotosintesis siswa dapat menarik
kesimpulannya
Disajikan percobaan
fermentasi, siswa dapat menarik kesimpulan
hasil percobaannya
|
||
Peserta didik dapat
menggunakan nalar dalam:
- Mekanisme
bioteknologi 31
|
Prinsip dasar bioteknologi
|
Disajikan gambar
proses bioteknologi modern/rekayasa genetika siswa dapat :
- menemukan bagian yang ditunjuk
- menganalisis peristiwa yang ditunjuk
|
||
Peserta didik mampu memahami dan menguasai:
-
Hukum-hukum Mendel (32)
|
Membuat/menghitung
gamet
|
Disajikan kasus,
siswa dapat menyelesaikan persilangannya
Siswa dapat menentukan gamet yang terbentuk dari
sebuahgenotip
Siswa dapat menentukan jumlahgamet yang terbentuk
|
||
Peserta didik mampu
memahami dan menguasai:
- Mutasi gen
dn kromosom (33)
|
Disajikan gambar,
siswa dapat menentukan jenis
mutasinya
Disajikan ciri2
kelinan karena mutasi/aberasi siswa dapat menentukan jenis sindromnya
|
|||
Peserta didik mampu memahami dan menguasai:
-
Teori evolusi Biologi (34)
|
Evolusi
|
Siswa dapat menjelaskan perbedaan 2 teori evolusi
|
||
Peserta didik dpat mengaplikasikan pengetahuan
dan pemahaman tentang:
-
Persilangan menurut hukum Mendel (35)
|
Menghitung
hasil persilangan , monohybrid, dihibrid
|
Disajikan kasus,
siswa dapat :
-
menyelesaikan persilangannya
-
Menghitung keturunannya
|
||
Peserta didik dpat mengaplikasikan pengetahuan
dan pemahaman tentang:
-
Penyimpangan semu hukum Mendel (36)
|
Penyimpangan
hokum mendel
|
Disajikan data
pesilangan penyimpangan semu hukum mendel, siswa dapat menghitung kemungkinan
hasil persilangan
|
||
Peserta didik
dpat mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
-
Hereditas pada manusia (37)
|
Buta warna, Hemofilia
|
Disajikan data
perkawinan penyakit menurun terpaut kromosom seks x, siswa dapat menghitung prosentase hasil keturunannya
|
||
Peserta didik dpat mengaplikasikan pengetahuan
dan pemahaman tentang:
-
Petunjuk/bukti-bukti evolusi (38)
|
Evolusi
|
Disajikan gambar,
siswa dapat menentukan bukti-bukti
evolusi
|
||
Peserta didik mampu
menggunakan nalar dalam:
- Penelusuran hereditas manusia berdasarkan peta
silsilah
(39)
|
Hereditas
Manusia
|
Disajikan peta
silsilah, siswa dapat menemukan genotip dari individu yang ditentukan
|
||
Peserta didik mampu
menggunakan nalar dalam:
- Mekanisme
evolusi (40)
|
Hukum Hardy
Weinberg
Spesiasi
|
Siswa dapat menganalisis frekuensi gen dan
genotif menggunakan hukum hardy Weinberg
Siswa dapat menarik kesimpulan tentang spesiasi
|
Total Tayangan Halaman
Rabu, 31 Januari 2018
Kisi UNBK dan USBN 2018
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar