Total Tayangan Halaman

Sabtu, 29 Agustus 2020

RPP BIOLOGI KELAS X/ RPP 1 Lembar/ RPP RUANG LINGKUP BIOLOGI

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

 

Sekolah                        : SMA ISLAM  AL AZHAR 1 Jakarta

Matapelajaran               : Biologi

Kelas/Semester             : X/1

Materi Pokok                : Ruang Lingkup Biologi

Alokasi Waktu              : 3 JP (Pertemuan I dari 3 pertemuan)

 

A.  Tujuan Pembelajaran

Melalui model pembelajaran discovery learning serta metode penugasan, tanya jawab, dan ceramah melalui tayangan video, peserta didik dapat:

1.    Menjelaskan karakteristik umum sains.

2.   Menjelaskan kegiatan yang berkaitan dengan ilmu Biologi.

3.   Menjelaskan  apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu Biologi.

4.   Mengidentifikasi urutan sistematika metoda ilmiah.

5.   Menjelaskan pentingnya IPTEK dalam perkembangan  Biologi

6.   Menjelaskan  bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan seorang ahli biologi.

7.   Menganalisis  pemecahan masalah biologi dengan metoda ilmiah

8.   Menjelaskan manfaat hasil pemecahan masalah dengan metoda ilmiah.

9.   Menjelaskan data yang terdapat dalam gambar setiap tingkat organisasi kehidupan dengan rasa ingin tahu, peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, kritis, teliti, tanggung jawab, mandiri, disiplin, serta berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan.

 

B. Langkah-langkah Pembelajaran

           

Pertemuan I   (3  x 30 menit)

 

Kegiatan

Sintaks

Deskripsi Kegiatan

Kegiatan

Pendahuluan 

(10’)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.       Melalui Zoom meet, WAG/google classroom, atau google meet, guru memberikan salam, berdoa sebelum pembelajaran, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran peserta didik,

2.       Guru mengingatkan materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari (materi Ruang lingkup Biologi)

3.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, garis besar cakupan materi, manfaat pembelajaran, kegiatan yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan termasuk penilaian kemampuan literasi dan penguatan pendidikan karakter.

Kegiatan Inti

(70’)

 

   Stimulation (stimulasi/ pemberian rangsangan)

 

1.     Melalui bahan ajar yang diberikan melalui  Zoom meet , WAG atau google classroom, peserta didik mengamati gambar susunan objek Biologi/organisasi kehidupan.

 


2.     Guru mengajukan pertanyaan berkaitan dengan gambar.

a.     Apakah gambar berikut merupakan sebuah objek Biologi?

b.     Mengapa penting bagi kita untuk mempelajari tentang objek Biologi?

 

  Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)

3.    Peserta didik mengamati beberapa gambar objek biologi   pada bahan ajar yang sudah diberikan untuk dapat memahami tugas yang harus diselesaikan terkait dengan materi pembelajaran:

Permasalahan Biologi dan Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dengan kaitannya  dengan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan.

 

 

  Data collection (Pengumpulan Data).

 

4.    Peserta didik mencari sumber yang ada pada bahan ajar, buku pegangan, maupun internet untuk mencari jawaban dari tugas yang diberikan pada Unit  Kerja Belajar Mandiri ( UKBM) secara mandiri dan teliti.

 

 

  Data Processing (Pengolahan Data)

5.    Peserta didik  menyelesaikan tugas yang terdapat pada UKBM dengan rasa ingin tahu, kritis, teliti, dan peduli pada lingkungan.

 

 

  Verification (Pembuktian)

 

6.    Peserta didik mengupload tugas yang sudah diselesaikannya melalui Zoom meet , WAG atau google classroom dengan disiplin.

7.    Peserta didik mendapatkan penjelasan/pembahasan dari soal yang ditugaskan yang guru kirimkan.

8.    Peserta didik membandingkan jawaban yang sudah dibuatnya dengan pembahasan yang guru berikan dengan rasa ingin tahun dan teliti.

 

 

  Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)

9.    Peserta didik menyimak materi Objek Biologi pada pertemuan kali ini melalui video yang guru berikan linknya atau video gurunya menerangkan atau melalui bahan ajar yang guru berikan dengan rasa ingin tahu dan kritis.

 

Kegiatan Penutup        ( 10 menit)

 

1.        Melalui  Zoom meet, WAG atau google classroom, guru memfasilitasi kesimpulan materi pembelajaran dan reviu terhadap proses pembelajaran baik dalam pemahaman materi maupun dalam akses yang digunakan.

2.       Guru melakukan penilaian secara umum dari tugas yang sudah dikumpulkan dan menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta didik atas tanggung jawab, kemandirian, dan disiplin yang sudah mereka tunjukkan.

3.       Guru menugaskan kepada peserta didik  untuk merencanakan Tindakan solusi permasalahan Biologi.

4.       Guru menyampaikan materi berikutnya yaitu Metode ilmiah.

 

 

Pertemuan II   (3  x 30 menit)

 

Kegiatan

Sintaks

Deskripsi Kegiatan

Kegiatan

Pendahuluan 

(10’)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.     Melalui  Zoom meet, WAG/google classroom, atau google meet, guru memberikan salam, berdoa sebelum pembelajaran, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran peserta didik,

2.     Guru mengingatkan materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari (materi Metode ilmiah)

3.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, garis besar cakupan materi, manfaat pembelajaran, kegiatan yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan termasuk penilaian kemampuan literasi dan penguatan pendidikan karakter.

Kegiatan Inti

(70’)

 

   Stimulation (stimulasi/ pemberian rangsangan)

 

4.      Melalui bahan ajar yang diberikan melalui Zoom meet, WAG atau google classroom, peserta didik mengamati video/gamar permasalahan untuk diselesaikan secara ilmiah.

 

5.       Guru mengajukan pertanyaan berkaitan dengan gambar.

c.     Adakah cara untuk menyelesaikan maslah tersebut secara ilmiah?

d.     Mengapa penting bagi kita untuk mempelajari tentang Metode ilmiah?

 

 

  Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)

6.     Peserta didik mengamati beberapa gambar masalah biologi   pada bahan ajar yang sudah diberikan untuk dapat memahami tugas yang harus diselesaikan terkait dengan materi pembelajaran:

Metode ilmiah  dengan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan.

 

  Data collection (Pengumpulan Data).

 

7.     Peserta didik mencari sumber yang ada pada bahan ajar, buku pegangan, maupun internet untuk mencari jawaban dari tugas yang diberikan pada Unit  Kerja Belajar Mandiri ( UKBM) secara mandiri dan teliti.

 

 

  Data Processing (Pengolahan Data)

8.     Peserta didik  menyelesaikan tugas yang terdapat pada UKBM dengan rasa ingin tahu, kritis, teliti, dan peduli pada lingkungan.

 

  Verification (Pembuktian)

 

9.   Peserta didik mengupload tugas yang sudah diselesaikannya melalui WAG atau google classroom dengan disiplin.

10.                                                                          Peserta didik mendapatkan penjelasan/pembahasan dari soal yang ditugaskan yang guru kirimkan.

11.  Peserta didik membandingkan jawaban yang sudah dibuatnya dengan pembahasan yang guru berikan dengan rasa ingin tahun dan teliti.

 

 

  Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)

12. Peserta didik menyimak materi Metode ilmiah pada pertemuan kali ini melalui video yang guru berikan linknya atau video gurunya menerangkan atau melalui bahan ajar yang guru berikan dengan rasa ingin tahu dan kritis.

Kegiatan Penutup        ( 10 menit)

 

13.  Melalui Z00m meet, WAG atau google classroom, guru memfasilitasi kesimpulan materi pembelajaran dan review terhadap proses pembelajaran baik dalam pemahaman materi maupun dalam akses yang digunakan.

14.  Guru melakukan penilaian secara umum dari tugas yang sudah dikumpulkan dan menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta didik atas tanggung jawab, kemandirian, dan disiplin yang sudah mereka tunjukkan.

15.  Guru menugaskan kepada peserta didik  untuk merencanakan Tindakan solusi permasalahan Biologi  lainnya dengan metode ilmiah

16.  Guru menyampaikan materi berikutnya yaitu Keselamatan Kerja Laboratorium.

 

 

 

 

Pertemuan III   (3  x 30 menit)

 

Kegiatan

Sintaks

Deskripsi Kegiatan

Kegiatan

Pendahuluan 

(10’)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.     Melalui  Zoom meet, WAG/google classroom, atau google meet, guru memberikan salam, berdoa sebelum pembelajaran, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran peserta didik,

2.     Guru mengingatkan materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari (materi  Keselamatan Kerja Laboratorium)

3.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, garis besar cakupan materi, manfaat pembelajaran, kegiatan yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan termasuk penilaian kemampuan literasi dan penguatan pendidikan karakter.

Kegiatan Inti

(70’)

 

   Stimulation (stimulasi/ pemberian rangsangan)

 

4.      Melalui bahan ajar yang diberikan melalui Zoom meet, WAG atau google classroom, peserta didik mengamati video/gambar Keselamatan Kerja Laboratorium.

 

 

 

5.       Guru mengajukan pertanyaan berkaitan dengan gambar.

a.Apasaja yang harus di perhatikan agar selamat kerja di Lab?

b.Mengapa penting bagi kita untuk mempelajari tentang Keselamatan Kerja Laboratorium?

 

 

  Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)

6.Peserta didik mengamati beberapa gambar masalah biologi   pada bahan ajar yang sudah diberikan untuk dapat memahami tugas yang harus diselesaikan terkait dengan materi pembelajaran:

Keselamatan Kerja Laboratorium dengan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan.

 

  Data collection (Pengumpulan Data).

 

7.Peserta didik mencari sumber yang ada pada bahan ajar, buku pegangan, maupun internet untuk mencari jawaban dari tugas yang diberikan pada Unit  Kerja Belajar Mandiri ( UKBM) secara mandiri dan teliti.

 

 

  Data Processing (Pengolahan Data)

8.Peserta didik  menyelesaikan tugas yang terdapat pada UKBM dengan rasa ingin tahu, kritis, teliti, dan peduli pada lingkungan.

 

  Verification (Pembuktian)

 

9.Peserta didik mengupload tugas yang sudah diselesaikannya melalui WAG atau google classroom dengan disiplin.

17.                                                                          Peserta didik mendapatkan penjelasan/pembahasan dari soal yang ditugaskan yang guru kirimkan.

10.Peserta didik membandingkan jawaban yang sudah dibuatnya dengan pembahasan yang guru berikan dengan rasa ingin tahun dan teliti.

 

 

  Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)

11.Peserta didik menyimak materi Keselamatan Kerja Laboratorium pada pertemuan kali ini melalui video yang guru berikan linknya atau video gurunya menerangkan atau melalui bahan ajar yang guru berikan dengan rasa ingin tahu dan kritis.

 

Kegiatan Penutup        ( 10 menit)

 

12.Melalui Z00m meet, WAG atau google classroom, guru memfasilitasi kesimpulan materi pembelajaran dan review terhadap proses pembelajaran baik dalam pemahaman materi maupun dalam akses yang digunakan.

13.Guru melakukan penilaian secara umum dari tugas yang sudah dikumpulkan dan menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta didik atas tanggung jawab, kemandirian, dan disiplin yang sudah mereka tunjukkan.

14.Guru menugaskan kepada peserta didik  untuk merencanakan Tindakan Keselamatan Kerja Laboratorium.

15.Guru menyampaikan materi berikutnya yaitu Keanekaragaman hayati.

 

 

 

C.   Penilaian Hasil Belajar

1.   Penilaian Sikap

Teknik observasi, bentuk instrumen jurnal, contoh instrumen jurnal ada pada lampiran 1.

2.   Penilaian Pengetahuan

Teknik penugasan, bentuk soal uraian, contoh instrumen ada pada lampiran 2

3.   Penilaian Keterampilan

Teknik produk, bentuk bagan jaring-jaring makanan dan daur geokimia ada pada lampiran 3.

 

Mengetahui,                                                                             Jakarta,13  Juli 2020

Kepala Sekolah,                                                                        Guru Pengajar,

 

 

 

Ngadiman, MPd                                                                        Yeni Yuniati, SPd.

                                                           

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar