RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
: SMA ISLAM AL AZHAR 1 Jakarta
Matapelajaran
: Biologi
Kelas/Semester
: X/1
Materi Pokok :
Ruang Lingkup Biologi
Alokasi Waktu : 3 JP (Pertemuan I dari 3 pertemuan)
A.
Tujuan Pembelajaran
Melalui model pembelajaran discovery
learning serta metode
penugasan, tanya jawab, dan ceramah melalui tayangan video, peserta
didik dapat:
1.
Menjelaskan karakteristik umum sains.
2.
Menjelaskan kegiatan yang berkaitan dengan ilmu
Biologi.
3.
Menjelaskan
apa yang dikaji (ruang lingkup) ilmu Biologi.
4.
Mengidentifikasi urutan sistematika metoda ilmiah.
5.
Menjelaskan pentingnya IPTEK dalam perkembangan Biologi
6.
Menjelaskan
bekerja dan bersikap ilmiah yang ditunjukkan seorang ahli biologi.
7. Menganalisis pemecahan masalah biologi dengan metoda
ilmiah
8. Menjelaskan
manfaat hasil pemecahan masalah dengan metoda ilmiah.
9. Menjelaskan
data yang terdapat dalam gambar setiap tingkat
organisasi kehidupan dengan rasa ingin tahu, peduli
terhadap permasalahan lingkungan hidup, kritis, teliti,
tanggung jawab, mandiri,
disiplin, serta berani dan santun dalam
mengajukan pertanyaan.
B. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan I (3 x
30 menit)
Kegiatan |
Sintaks |
Deskripsi Kegiatan |
Kegiatan Pendahuluan (10’) |
|
1. Melalui Zoom
meet, WAG/google classroom, atau google meet, guru memberikan salam, berdoa sebelum pembelajaran,
menanyakan
kabar, dan mengecek
kehadiran peserta didik, 2. Guru mengingatkan materi sebelumnya
dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari (materi Ruang lingkup
Biologi) 3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran, garis besar cakupan materi, manfaat pembelajaran, kegiatan
yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan termasuk penilaian kemampuan literasi dan penguatan
pendidikan karakter. |
Kegiatan
Inti (70’) |
Stimulation (stimulasi/ pemberian rangsangan) |
1. Melalui
bahan ajar yang diberikan melalui Zoom
meet , WAG atau google classroom, peserta didik mengamati gambar susunan
objek Biologi/organisasi kehidupan. 2. Guru
mengajukan pertanyaan berkaitan dengan gambar. a.
Apakah gambar berikut merupakan
sebuah objek Biologi? b.
Mengapa penting bagi kita untuk
mempelajari tentang objek Biologi? |
|
Problem statement (pernyataan/
identifikasi masalah) |
3. Peserta
didik mengamati beberapa gambar objek biologi pada bahan ajar yang sudah diberikan untuk dapat memahami tugas yang harus
diselesaikan terkait dengan materi pembelajaran: Permasalahan
Biologi dan Cabang-cabang ilmu dalam Biologi dengan kaitannya dengan rasa ingin
tahu dan peduli lingkungan. |
|
Data collection (Pengumpulan Data). |
4. Peserta
didik mencari sumber yang ada pada
bahan ajar, buku pegangan, maupun internet untuk mencari jawaban dari tugas
yang diberikan pada Unit Kerja Belajar
Mandiri ( UKBM) secara
mandiri dan teliti. |
|
Data Processing (Pengolahan Data) |
5.
Peserta didik menyelesaikan
tugas yang
terdapat pada UKBM dengan rasa ingin
tahu, kritis, teliti, dan peduli pada lingkungan. |
|
Verification (Pembuktian) |
6.
Peserta
didik mengupload tugas yang sudah diselesaikannya melalui Zoom
meet ,
WAG atau
google classroom dengan disiplin. 7.
Peserta
didik mendapatkan penjelasan/pembahasan
dari soal yang ditugaskan yang guru kirimkan. 8.
Peserta
didik membandingkan jawaban yang sudah dibuatnya dengan pembahasan yang guru
berikan dengan rasa ingin tahun dan
teliti. |
|
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi) |
9.
Peserta
didik menyimak materi Objek
Biologi pada
pertemuan kali ini melalui video yang guru berikan linknya atau video gurunya
menerangkan atau melalui bahan ajar yang guru berikan dengan rasa ingin tahu dan kritis. |
Kegiatan
Penutup ( 10 menit) |
|
1. Melalui
Zoom meet, WAG atau google classroom, guru memfasilitasi kesimpulan
materi pembelajaran
dan reviu terhadap proses
pembelajaran baik dalam pemahaman materi maupun dalam akses yang digunakan. 2. Guru melakukan penilaian secara umum
dari tugas yang sudah dikumpulkan dan menyampaikan apresiasi kepada seluruh
peserta didik
atas tanggung jawab, kemandirian, dan
disiplin yang sudah mereka tunjukkan. 3. Guru
menugaskan kepada peserta didik untuk merencanakan
Tindakan solusi permasalahan Biologi. 4. Guru menyampaikan materi berikutnya yaitu
Metode ilmiah. |
Pertemuan
II (3
x 30 menit)
Kegiatan |
Sintaks |
Deskripsi Kegiatan |
Kegiatan Pendahuluan (10’) |
|
1. Melalui Zoom meet, WAG/google classroom, atau google
meet, guru
memberikan salam, berdoa
sebelum pembelajaran, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran peserta
didik, 2. Guru mengingatkan materi sebelumnya
dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari (materi Metode ilmiah) 3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran, garis besar cakupan materi, manfaat pembelajaran, kegiatan
yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan termasuk penilaian kemampuan literasi dan penguatan
pendidikan karakter. |
Kegiatan
Inti (70’) |
Stimulation (stimulasi/ pemberian rangsangan) |
4. Melalui
bahan ajar yang diberikan melalui Zoom meet, WAG atau google classroom, peserta
didik mengamati video/gamar permasalahan untuk diselesaikan secara ilmiah. 5. Guru
mengajukan pertanyaan berkaitan dengan gambar. c.
Adakah cara untuk menyelesaikan
maslah tersebut secara ilmiah? d.
Mengapa penting bagi kita untuk
mempelajari tentang Metode ilmiah? |
|
Problem statement (pernyataan/
identifikasi masalah) |
6. Peserta
didik mengamati beberapa gambar masalah biologi pada bahan ajar yang sudah diberikan untuk dapat memahami tugas yang harus
diselesaikan terkait dengan materi pembelajaran: Metode ilmiah dengan rasa ingin
tahu dan peduli lingkungan. |
|
Data collection (Pengumpulan Data). |
7. Peserta
didik mencari sumber yang ada pada
bahan ajar, buku pegangan, maupun internet untuk mencari jawaban dari tugas
yang diberikan pada Unit Kerja Belajar
Mandiri ( UKBM) secara
mandiri dan teliti. |
|
Data Processing (Pengolahan Data) |
8.
Peserta didik menyelesaikan
tugas yang
terdapat pada UKBM dengan rasa ingin
tahu, kritis, teliti, dan peduli pada lingkungan. |
|
Verification (Pembuktian) |
9.
Peserta
didik mengupload tugas yang sudah diselesaikannya melalui WAG atau google
classroom dengan disiplin. 10.
Peserta
didik mendapatkan penjelasan/pembahasan
dari soal yang ditugaskan yang guru kirimkan. 11. Peserta didik membandingkan jawaban yang sudah
dibuatnya dengan pembahasan yang guru berikan dengan rasa ingin tahun dan teliti. |
|
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi) |
12. Peserta didik menyimak
materi Metode ilmiah pada pertemuan kali ini melalui video
yang guru berikan linknya atau video gurunya menerangkan atau melalui bahan
ajar yang guru berikan dengan rasa
ingin tahu dan kritis. |
Kegiatan
Penutup ( 10 menit) |
|
13. Melalui Z00m
meet, WAG atau google classroom, guru memfasilitasi kesimpulan materi
pembelajaran
dan review terhadap proses
pembelajaran baik dalam pemahaman materi maupun dalam akses yang digunakan. 14. Guru melakukan penilaian secara umum
dari tugas yang sudah dikumpulkan dan menyampaikan apresiasi kepada seluruh
peserta didik
atas tanggung jawab, kemandirian, dan
disiplin yang sudah mereka tunjukkan. 15. Guru
menugaskan kepada peserta didik untuk
merencanakan Tindakan solusi permasalahan Biologi lainnya dengan metode ilmiah 16. Guru menyampaikan materi berikutnya yaitu Keselamatan
Kerja Laboratorium. |
Pertemuan
III (3
x 30 menit)
Kegiatan |
Sintaks |
Deskripsi Kegiatan |
Kegiatan Pendahuluan (10’) |
|
1. Melalui Zoom meet, WAG/google classroom, atau
google meet, guru
memberikan salam, berdoa
sebelum pembelajaran, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran peserta
didik, 2. Guru mengingatkan materi sebelumnya
dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari (materi Keselamatan Kerja Laboratorium) 3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran, garis besar cakupan materi, manfaat pembelajaran, kegiatan
yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan termasuk penilaian kemampuan literasi dan penguatan
pendidikan karakter. |
Kegiatan
Inti (70’) |
Stimulation (stimulasi/ pemberian rangsangan) |
4. Melalui
bahan ajar yang diberikan melalui Zoom meet, WAG atau google classroom,
peserta didik mengamati video/gambar Keselamatan Kerja Laboratorium. 5. Guru
mengajukan pertanyaan berkaitan dengan gambar. a.Apasaja yang
harus di perhatikan agar selamat kerja di Lab? b.Mengapa
penting bagi kita untuk mempelajari tentang Keselamatan
Kerja Laboratorium? |
|
Problem statement (pernyataan/
identifikasi masalah) |
6.Peserta didik mengamati
beberapa gambar masalah biologi pada bahan ajar yang sudah diberikan untuk dapat memahami tugas yang harus
diselesaikan terkait dengan materi pembelajaran: Keselamatan Kerja Laboratorium dengan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan. |
|
Data collection (Pengumpulan Data). |
7.Peserta didik mencari sumber yang ada pada bahan
ajar, buku pegangan, maupun internet untuk mencari jawaban dari tugas yang
diberikan pada Unit Kerja Belajar
Mandiri ( UKBM) secara
mandiri dan teliti. |
|
Data Processing (Pengolahan Data) |
8.Peserta didik menyelesaikan
tugas yang
terdapat pada UKBM dengan rasa ingin
tahu, kritis, teliti, dan peduli pada lingkungan. |
|
Verification (Pembuktian) |
9.Peserta didik mengupload tugas yang sudah
diselesaikannya melalui WAG atau google classroom dengan disiplin. 17.
Peserta
didik mendapatkan penjelasan/pembahasan
dari soal yang ditugaskan yang guru kirimkan. 10.Peserta didik membandingkan jawaban yang sudah
dibuatnya dengan pembahasan yang guru berikan dengan rasa ingin tahun dan teliti. |
|
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi) |
11.Peserta didik menyimak
materi Keselamatan Kerja Laboratorium pada pertemuan kali ini melalui video
yang guru berikan linknya atau video gurunya menerangkan atau melalui bahan
ajar yang guru berikan dengan rasa
ingin tahu dan kritis. |
Kegiatan
Penutup ( 10 menit) |
|
12.Melalui Z00m meet, WAG atau
google classroom, guru memfasilitasi kesimpulan materi pembelajaran dan review terhadap proses
pembelajaran baik dalam pemahaman materi maupun dalam akses yang digunakan. 13.Guru melakukan penilaian secara umum
dari tugas yang sudah dikumpulkan dan menyampaikan apresiasi kepada seluruh
peserta didik
atas tanggung jawab, kemandirian, dan
disiplin yang sudah mereka tunjukkan. 14.Guru menugaskan kepada
peserta didik untuk merencanakan
Tindakan Keselamatan Kerja Laboratorium. 15.Guru menyampaikan materi berikutnya yaitu Keanekaragaman
hayati. |
C. Penilaian Hasil Belajar
1. Penilaian Sikap
Teknik observasi, bentuk instrumen jurnal, contoh instrumen jurnal
ada pada lampiran 1.
2. Penilaian
Pengetahuan
Teknik penugasan, bentuk soal
uraian, contoh instrumen ada pada lampiran 2
3. Penilaian Keterampilan
Teknik produk,
bentuk bagan jaring-jaring makanan dan daur geokimia ada pada lampiran 3.
Mengetahui, Jakarta,13 Juli 2020
Kepala Sekolah, Guru
Pengajar,
Ngadiman,
MPd Yeni
Yuniati, SPd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar