RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Matapelajaran :
Biologi
Kelas/Semester : X/2
Materi
Pokok : ANIMALIA
Alokasi
Waktu : 4 JP (Pertemuan )
A.
Tujuan Pembelajaran
Melalui
model pembelajaran
discovery learning serta metode penugasan, tanya jawab, dan ceramah melalui
tayangan video, peserta
didik dapat:
· Menginventarisir
data temuan hasil pengamatan berbagai macam hewan invertebrata di lingkungannya
baik yang hidup di dalam atau di luar rumah, di tanah, air laut dan danau, atau
yang di pepohonan
· Menjelaskan
data temuan hasil hasil pengamatan tentang ciri umum pengelompokkan hewan
· Mendokumentasikan
dalam bentuk foto/gambar pengamatan pengamatan berbagai jenis hewan
invertebrata yang ditemukan di lingkungan sekitar
· Menjelaskan
ciri-ciri hewan invertebrata dengan menggunakan peta pikiran
Menjelaskan
tentang ciri-ciri dan pemanfaatan serta peran invertebrata, dengan rasa ingin
tahu, peduli
terhadap permasalahan lingkungan hidup, kritis, teliti,
tanggung jawab, mandiri, disiplin,
serta berani dan santun
dalam mengajukan pertanyaan.
B. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan I (3 x
30 menit)
Kegiatan |
Sintaks |
Deskripsi
Kegiatan |
Kegiatan
Pendahuluan (10’) |
|
1. Melalui
Zoom meet, WAG/google classroom, atau google meet, guru memberikan salam, berdoa
sebelum pembelajaran,
menanyakan
kabar, dan mengecek
kehadiran peserta didik, 2. Guru mengingatkan
materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari (materi Plantae) 3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran, garis besar cakupan materi, manfaat
pembelajaran, kegiatan
yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
termasuk penilaian kemampuan literasi dan penguatan pendidikan karakter. |
Kegiatan Inti (70’) |
Stimulation (stimulasi/ pemberian rangsangan) |
1. Melalui
bahan ajar yang diberikan melalui Zoom
meet , WAG atau google classroom, peserta didik mengamati gambar Ciri-ciri umum hewan invertebrata (lapisan tubuh, rongga
tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi) 2. Guru
mengajukan pertanyaan berkaitan dengan gambar. a.
Apakah gambar berikut merupakan Ciri-ciri umum hewan invertebrata (lapisan tubuh,
rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi)? b.
Mengapa penting bagi kita untuk
mempelajari tentang Ciri-ciri umum
hewan invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan
reproduksi)? |
|
Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah) |
3. Peserta
didik mengamati beberapa gambar Ciri-ciri umum hewan invertebrata (lapisan tubuh,
rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi) pada bahan ajar yang sudah diberikan untuk dapat memahami tugas yang harus
diselesaikan terkait dengan materi pembelajaran: Ciri-ciri umum
hewan invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan
reproduksi) dengan
rasa ingin tahu dan peduli lingkungan. |
|
Data collection (Pengumpulan Data). |
4. Peserta
didik mencari sumber yang ada pada
bahan ajar, buku pegangan, maupun internet untuk mencari jawaban dari tugas
yang diberikan pada Unit Kerja Belajar
Mandiri ( UKBM) secara mandiri dan
teliti. |
|
Data Processing (Pengolahan Data) |
5.
Peserta didik menyelesaikan
tugas yang terdapat pada UKBM dengan rasa ingin
tahu, kritis, teliti, dan peduli pada lingkungan. |
|
Verification (Pembuktian) |
6.
Peserta
didik mengupload tugas yang sudah diselesaikannya melalui Zoom meet , WAG atau
google classroom dengan disiplin. 7.
Peserta
didik mendapatkan penjelasan/pembahasan
dari soal yang ditugaskan yang guru kirimkan. 8.
Peserta
didik membandingkan jawaban yang sudah dibuatnya dengan pembahasan yang guru
berikan dengan rasa ingin tahun dan
teliti. |
|
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi) |
9.
Peserta
didik menyimak materi Tingkat Kehati
pada pertemuan kali ini melalui video yang guru berikan linknya atau video
gurunya menerangkan atau melalui bahan ajar yang guru berikan dengan rasa ingin tahu dan kritis. |
Kegiatan Penutup ( 10 menit) |
|
1. Melalui
Zoom meet, WAG atau google classroom, guru memfasilitasi kesimpulan
materi pembelajaran dan reviu
terhadap proses pembelajaran baik dalam pemahaman materi maupun dalam akses
yang digunakan. 2. Guru melakukan
penilaian secara umum dari tugas yang sudah dikumpulkan dan menyampaikan apresiasi
kepada seluruh peserta didik atas tanggung
jawab, kemandirian, dan disiplin yang sudah mereka tunjukkan. 3. Guru
menugaskan kepada peserta didik untuk
merencanakan Tindakan solusi permasalahan Biologi. 4. Guru menyampaikan
materi berikutnya yaitu
Ciri-ciri umum hewan vertebrata
(rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan penutup tubuh). |
Pertemuan II (3 x
30 menit)
Kegiatan |
Sintaks |
Deskripsi
Kegiatan |
Kegiatan
Pendahuluan (10’) |
|
1. Melalui Zoom meet, WAG/google classroom, atau
google meet, guru
memberikan salam, berdoa sebelum pembelajaran, menanyakan kabar, dan
mengecek kehadiran
peserta didik, 2. Guru mengingatkan
materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari (materi Peran tumbuhan dalam ekosistem ) 3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran, garis besar cakupan materi, manfaat
pembelajaran, kegiatan
yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
termasuk penilaian kemampuan literasi dan penguatan pendidikan karakter. |
Kegiatan Inti (70’) |
Stimulation (stimulasi/ pemberian rangsangan) |
4. Melalui
bahan ajar yang diberikan melalui Zoom meet, WAG atau google classroom,
peserta didik mengamati video/gambar Ciri-ciri
umum hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh,
dan penutup tubuh) 5. Guru
mengajukan pertanyaan berkaitan dengan gambar. a.Apakah Ciri-ciri umum
hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan
penutup tubuh)? b.Mengapa penting bagi kita untuk mempelajari tentang Ciri-ciri umum hewan vertebrata (rangka tubuh,
ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan penutup tubuh)? |
|
Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah) |
6. Peserta
didik mengamati beberapa gambar Tingkat Kehati pada bahan ajar yang sudah
diberikan untuk dapat memahami tugas
yang harus diselesaikan terkait dengan materi pembelajaran: Ciri-ciri umum
hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan
penutup tubuh) . |
|
Data collection (Pengumpulan Data). |
7. Peserta
didik mencari sumber yang ada pada
bahan ajar, buku pegangan, maupun internet untuk mencari jawaban dari tugas
yang diberikan pada Unit Kerja Belajar
Mandiri ( UKBM) secara mandiri dan
teliti. |
|
Data Processing (Pengolahan Data) |
8.
Peserta didik menyelesaikan
tugas yang terdapat pada UKBM dengan rasa ingin
tahu, kritis, teliti, dan peduli pada lingkungan. |
|
Verification (Pembuktian) |
9.
Peserta
didik mengupload tugas yang sudah diselesaikannya melalui WAG atau google
classroom dengan disiplin. 10.
Peserta
didik mendapatkan penjelasan/pembahasan
dari soal yang ditugaskan yang guru kirimkan. 11. Peserta didik membandingkan jawaban yang sudah
dibuatnya dengan pembahasan yang guru berikan dengan rasa ingin tahun dan teliti. |
|
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi) |
12. Peserta didik menyimak
materi Ciri-ciri umum
hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan
penutup tubuh) pada pertemuan kali ini
melalui video yang guru berikan linknya atau video gurunya menerangkan atau
melalui bahan ajar yang guru berikan dengan rasa ingin tahu dan kritis. |
Kegiatan Penutup ( 10 menit) |
|
13. Melalui
Z00m meet, WAG atau google classroom, guru memfasilitasi kesimpulan materi
pembelajaran dan review
terhadap proses pembelajaran baik dalam pemahaman materi maupun dalam akses
yang digunakan. 14. Guru melakukan
penilaian secara umum dari tugas yang sudah dikumpulkan dan menyampaikan apresiasi
kepada seluruh peserta didik atas tanggung
jawab, kemandirian, dan disiplin yang sudah mereka tunjukkan. 15. Guru
menugaskan kepada peserta didik untuk
merencanakan Tindakan solusi permasalahan Biologi lainnya dengan Ciri-ciri
umum hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh,
dan penutup tubuh). 16.Guru
menyampaikan materi berikutnya yaitu Klasifikasi
animalia |
Pertemuan III (3 x
30 menit)
Kegiatan |
Sintaks |
Deskripsi
Kegiatan |
Kegiatan
Pendahuluan (10’) |
|
1.Melalui Zoom meet, WAG/google classroom, atau
google meet, guru
memberikan salam, berdoa sebelum pembelajaran, menanyakan kabar, dan
mengecek kehadiran
peserta didik, · 2.Guru
mengingatkan
materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari
(materi Klasifikasi
animalia) 3.Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran, garis besar cakupan materi, manfaat
pembelajaran, kegiatan
yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
termasuk penilaian kemampuan literasi dan penguatan pendidikan karakter. |
Kegiatan Inti (70’) |
Stimulation (stimulasi/ pemberian rangsangan) |
4.Melalui
bahan ajar yang diberikan melalui Zoom meet, WAG atau google classroom,
peserta didik mengamati video/gambar Klasifikasi
animalia 5.Guru
mengajukan pertanyaan berkaitan dengan gambar. a.Apa saja manfaat yang dapat diambil dari gambar di atas? b.Mengapa penting bagi kita untuk mempelajari tentang Klasifikasi animalia? |
|
Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah) |
6.Peserta
didik mengamati beberapa gambar Klasifikasi
animalia pada bahan ajar yang sudah
diberikan untuk dapat memahami tugas
yang harus diselesaikan terkait dengan materi pembelajaran: Klasifikasi
animalia. |
|
Data collection (Pengumpulan Data). |
7.Peserta
didik mencari sumber yang ada pada
bahan ajar, buku pegangan, maupun internet untuk mencari jawaban dari tugas
yang diberikan pada Unit Kerja Belajar
Mandiri ( UKBM) secara mandiri dan
teliti. |
|
Data Processing (Pengolahan Data) |
8.Peserta
didik menyelesaikan
tugas yang terdapat pada UKBM dengan rasa ingin
tahu, kritis, teliti, dan peduli pada lingkungan. |
|
Verification (Pembuktian) |
9.Peserta
didik mengupload tugas yang sudah diselesaikannya melalui WAG atau google
classroom dengan disiplin. 16.
Peserta
didik mendapatkan penjelasan/pembahasan
dari soal yang ditugaskan yang guru kirimkan. 10.Peserta
didik membandingkan jawaban yang sudah dibuatnya dengan pembahasan yang guru
berikan dengan rasa ingin tahun dan
teliti. |
|
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi) |
11.Peserta
didik menyimak materi Klasifikasi
animalia pada pertemuan kali ini melalui video yang guru berikan
linknya atau video gurunya menerangkan atau melalui bahan ajar yang guru
berikan dengan rasa ingin tahu dan
kritis. |
Kegiatan Penutup ( 10 menit) |
|
12.Melalui
Z00m meet, WAG atau google classroom, guru memfasilitasi kesimpulan materi
pembelajaran dan review
terhadap proses pembelajaran baik dalam pemahaman materi maupun dalam akses
yang digunakan. 13.Guru
melakukan
penilaian secara umum dari tugas yang sudah dikumpulkan dan menyampaikan
apresiasi kepada seluruh peserta didik atas tanggung jawab, kemandirian, dan disiplin yang sudah mereka
tunjukkan. 14.Guru
menugaskan kepada peserta didik untuk
mendeskripsikan Klasifikasi
animalia . 15.Guru
menyampaikan materi berikutnya yaitu Peran
hewan bagi kehidupan |
Pertemuan IV (3 x
30 menit)
Kegiatan |
Sintaks |
Deskripsi
Kegiatan |
Kegiatan
Pendahuluan (10’) |
|
1.Melalui Zoom meet, WAG/google classroom, atau
google meet, guru
memberikan salam, berdoa sebelum pembelajaran, menanyakan kabar, dan
mengecek kehadiran
peserta didik, 2.Guru
mengingatkan
materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari (materi Peran hewan bagi kehidupan) 3.Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran, garis besar cakupan materi, manfaat
pembelajaran, kegiatan
yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
termasuk penilaian kemampuan literasi dan penguatan pendidikan karakter. |
Kegiatan Inti (70’) |
Stimulation (stimulasi/ pemberian rangsangan) |
4.Melalui
bahan ajar yang diberikan melalui Zoom meet, WAG atau google classroom,
peserta didik mengamati video/gambar Peran
hewan bagi kehidupan 5.Guru
mengajukan pertanyaan berkaitan dengan gambar. a.Bagaimana upaya pelestarian kehati di Indonesia.? b.Mengapa penting bagi kita untuk mempelajari tentang Peran hewan bagi kehidupan ? |
|
Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah) |
6.Peserta
didik mengamati beberapa gambar Peran hewan
bagi kehidupan pada bahan ajar yang sudah diberikan
untuk dapat memahami tugas yang
harus diselesaikan terkait dengan materi pembelajaran: Peran hewan
bagi kehidupan. |
|
Data collection (Pengumpulan Data). |
7.Peserta
didik mencari sumber yang ada pada
bahan ajar, buku pegangan, maupun internet untuk mencari jawaban dari tugas
yang diberikan pada Unit Kerja Belajar
Mandiri ( UKBM) secara mandiri dan
teliti. |
|
Data Processing (Pengolahan Data) |
8.Peserta
didik menyelesaikan
tugas yang terdapat pada UKBM dengan rasa ingin
tahu, kritis, teliti, dan peduli pada lingkungan. |
|
Verification (Pembuktian) |
9.Peserta
didik mengupload tugas yang sudah diselesaikannya melalui WAG atau google
classroom dengan disiplin. 17.
Peserta
didik mendapatkan penjelasan/pembahasan
dari soal yang ditugaskan yang guru kirimkan. 10.Peserta
didik membandingkan jawaban yang sudah dibuatnya dengan pembahasan yang guru
berikan dengan rasa ingin tahun dan
teliti. |
|
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi) |
11.Peserta
didik menyimak materi klasifikasi pada
pertemuan kali ini melalui video yang guru berikan linknya atau video gurunya
menerangkan atau melalui bahan ajar yang guru berikan dengan rasa ingin tahu dan kritis. |
Kegiatan Penutup ( 10 menit) |
|
12.Melalui
Z00m meet, WAG atau google classroom, guru memfasilitasi kesimpulan materi
pembelajaran dan review
terhadap proses pembelajaran baik dalam pemahaman materi maupun dalam akses
yang digunakan. 13.Guru
melakukan penilaian
secara umum dari tugas yang sudah dikumpulkan dan menyampaikan apresiasi
kepada seluruh peserta didik atas tanggung
jawab, kemandirian, dan disiplin yang sudah mereka tunjukkan. 14.Guru
menugaskan kepada peserta didik untuk merencanakan upaya pelestarian Kehati di lingkungannya. 15.Guru
menyampaikan materi berikutnya yaitu
ekologi. |
C. Penilaian Hasil Belajar
No |
Aspek yang dinilai |
Bentuk Penilaian |
Instrumen Penilaian |
Waktu Penilaian |
1 |
Sikap |
Observasi dan Jurnal |
Pengamatan sikap (jurnal) |
Selama KBM |
2 |
Pengetahuan |
Tes tertulis |
Soal tes |
Setelah KBM |
3 |
Keterampilan |
-
Unjuk kerja -
Laporan tertulis |
-
Pengamatan unjuk kerja -
Penilaian laporan tertulis |
-
Pada saat presentasi -
Pengumpulan tugas |
Jakarta,13
Juli 2020
Kepala
Sekolah, Guru
Pengajar,
Ngadiman, MPd Yeni
Yuniati, SPd
Tidak ada komentar:
Posting Komentar