Total Tayangan Halaman

Selasa, 01 September 2020

RPP ANIMALIA, 1 LEMBAR/ RPP 1 LEMBAR, ANIMALIA, KELAS X

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

 Sekolah                        : SMA ISLAM  AL AZHAR 1 Jakarta

Matapelajaran               : Biologi

Kelas/Semester             : X/2

Materi Pokok                : ANIMALIA

Alokasi Waktu           : 4 JP (Pertemuan )

 

A.  Tujuan Pembelajaran

Melalui model pembelajaran discovery learning serta metode penugasan, tanya jawab, dan ceramah melalui tayangan video, peserta didik dapat:

·     Menginventarisir data temuan hasil pengamatan berbagai macam hewan invertebrata di lingkungannya baik yang hidup di dalam atau di luar rumah, di tanah, air laut dan danau, atau yang di pepohonan

·     Menjelaskan data temuan hasil hasil pengamatan tentang ciri umum pengelompokkan hewan

·     Mendokumentasikan dalam bentuk foto/gambar pengamatan pengamatan berbagai jenis hewan invertebrata yang ditemukan di lingkungan sekitar

·     Menjelaskan ciri-ciri hewan invertebrata dengan menggunakan peta pikiran

Menjelaskan tentang ciri-ciri dan pemanfaatan serta peran invertebrata, dengan rasa ingin tahu, peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, kritis, teliti, tanggung jawab, mandiri, disiplin, serta berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan.

 

B. Langkah-langkah Pembelajaran

           

Pertemuan I   (3  x 30 menit)

 

Kegiatan

Sintaks

Deskripsi Kegiatan

Kegiatan

Pendahuluan 

(10’)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.       Melalui Zoom meet, WAG/google classroom, atau google meet, guru memberikan salam, berdoa sebelum pembelajaran, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran peserta didik,

2.       Guru mengingatkan materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari (materi Plantae)

3.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, garis besar cakupan materi, manfaat pembelajaran, kegiatan yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan termasuk penilaian kemampuan literasi dan penguatan pendidikan karakter.

Kegiatan Inti

(70’)

 

   Stimulation (stimulasi/ pemberian rangsangan)

 

1.     Melalui bahan ajar yang diberikan melalui  Zoom meet , WAG atau google classroom, peserta didik mengamati gambar Ciri-ciri umum hewan invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi)

 

2.     Guru mengajukan pertanyaan berkaitan dengan gambar.

a.     Apakah gambar berikut merupakan Ciri-ciri umum hewan invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi)?

b.     Mengapa penting bagi kita untuk mempelajari tentang Ciri-ciri umum hewan invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi)?

 

 

  Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)

3.    Peserta didik mengamati beberapa gambar Ciri-ciri umum hewan invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi)  pada bahan ajar yang sudah diberikan untuk dapat memahami tugas yang harus diselesaikan terkait dengan materi pembelajaran:

Ciri-ciri umum hewan invertebrata (lapisan tubuh, rongga tubuh, simetri tubuh, dan reproduksi)   dengan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan.

 

 

  Data collection (Pengumpulan Data).

 

4.    Peserta didik mencari sumber yang ada pada bahan ajar, buku pegangan, maupun internet untuk mencari jawaban dari tugas yang diberikan pada Unit  Kerja Belajar Mandiri ( UKBM) secara mandiri dan teliti.

 

 

  Data Processing (Pengolahan Data)

5.    Peserta didik  menyelesaikan tugas yang terdapat pada UKBM dengan rasa ingin tahu, kritis, teliti, dan peduli pada lingkungan.

 

 

  Verification (Pembuktian)

 

6.    Peserta didik mengupload tugas yang sudah diselesaikannya melalui Zoom meet , WAG atau google classroom dengan disiplin.

7.    Peserta didik mendapatkan penjelasan/pembahasan dari soal yang ditugaskan yang guru kirimkan.

8.    Peserta didik membandingkan jawaban yang sudah dibuatnya dengan pembahasan yang guru berikan dengan rasa ingin tahun dan teliti.

 

 

  Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)

9.    Peserta didik menyimak materi Tingkat Kehati pada pertemuan kali ini melalui video yang guru berikan linknya atau video gurunya menerangkan atau melalui bahan ajar yang guru berikan dengan rasa ingin tahu dan kritis.

 

Kegiatan Penutup        ( 10 menit)

 

1.        Melalui  Zoom meet, WAG atau google classroom, guru memfasilitasi kesimpulan materi pembelajaran dan reviu terhadap proses pembelajaran baik dalam pemahaman materi maupun dalam akses yang digunakan.

2.       Guru melakukan penilaian secara umum dari tugas yang sudah dikumpulkan dan menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta didik atas tanggung jawab, kemandirian, dan disiplin yang sudah mereka tunjukkan.

3.       Guru menugaskan kepada peserta didik  untuk merencanakan Tindakan solusi permasalahan Biologi.

4.       Guru menyampaikan materi berikutnya yaitu Ciri-ciri umum hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan penutup tubuh).

 

 

 

Pertemuan II   (3  x 30 menit)

 

Kegiatan

Sintaks

Deskripsi Kegiatan

Kegiatan

Pendahuluan 

(10’)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.     Melalui  Zoom meet, WAG/google classroom, atau google meet, guru memberikan salam, berdoa sebelum pembelajaran, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran peserta didik,

2.     Guru mengingatkan materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari (materi Peran tumbuhan dalam ekosistem  )

3.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, garis besar cakupan materi, manfaat pembelajaran, kegiatan yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan termasuk penilaian kemampuan literasi dan penguatan pendidikan karakter.

Kegiatan Inti

(70’)

 

   Stimulation (stimulasi/ pemberian rangsangan)

 

4.      Melalui bahan ajar yang diberikan melalui Zoom meet, WAG atau google classroom, peserta didik mengamati video/gambar  Ciri-ciri umum hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan penutup tubuh)

 

5.       Guru mengajukan pertanyaan berkaitan dengan gambar.

a.Apakah Ciri-ciri umum hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan penutup tubuh)?

b.Mengapa penting bagi kita untuk mempelajari tentang Ciri-ciri umum hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan penutup tubuh)?

 

 

  Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)

6.     Peserta didik mengamati beberapa gambar Tingkat Kehati   pada bahan ajar yang sudah diberikan untuk dapat memahami tugas yang harus diselesaikan terkait dengan materi pembelajaran:

Ciri-ciri umum hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan penutup tubuh)

.

 

  Data collection (Pengumpulan Data).

 

7.     Peserta didik mencari sumber yang ada pada bahan ajar, buku pegangan, maupun internet untuk mencari jawaban dari tugas yang diberikan pada Unit  Kerja Belajar Mandiri ( UKBM) secara mandiri dan teliti.

 

 

  Data Processing (Pengolahan Data)

8.     Peserta didik  menyelesaikan tugas yang terdapat pada UKBM dengan rasa ingin tahu, kritis, teliti, dan peduli pada lingkungan.

 

  Verification (Pembuktian)

 

9.   Peserta didik mengupload tugas yang sudah diselesaikannya melalui WAG atau google classroom dengan disiplin.

10.                                                                          Peserta didik mendapatkan penjelasan/pembahasan dari soal yang ditugaskan yang guru kirimkan.

11.  Peserta didik membandingkan jawaban yang sudah dibuatnya dengan pembahasan yang guru berikan dengan rasa ingin tahun dan teliti.

 

 

  Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)

12. Peserta didik menyimak materi  Ciri-ciri umum hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan penutup tubuh)   pada pertemuan kali ini melalui video yang guru berikan linknya atau video gurunya menerangkan atau melalui bahan ajar yang guru berikan dengan rasa ingin tahu dan kritis.

Kegiatan Penutup        ( 10 menit)

 

13.  Melalui Z00m meet, WAG atau google classroom, guru memfasilitasi kesimpulan materi pembelajaran dan review terhadap proses pembelajaran baik dalam pemahaman materi maupun dalam akses yang digunakan.

14.  Guru melakukan penilaian secara umum dari tugas yang sudah dikumpulkan dan menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta didik atas tanggung jawab, kemandirian, dan disiplin yang sudah mereka tunjukkan.

15.  Guru menugaskan kepada peserta didik  untuk merencanakan Tindakan solusi permasalahan Biologi  lainnya dengan Ciri-ciri umum hewan vertebrata (rangka tubuh, ruang jantung, reproduksi, suhu tubuh, dan penutup tubuh).

16.Guru menyampaikan materi berikutnya yaitu Klasifikasi animalia

 

 

 

 

Pertemuan III   (3  x 30 menit)

 

 

Kegiatan

Sintaks

Deskripsi Kegiatan

Kegiatan

Pendahuluan 

(10’)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.Melalui  Zoom meet, WAG/google classroom, atau google meet, guru memberikan salam, berdoa sebelum pembelajaran, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran peserta didik,

 

·    2.Guru mengingatkan materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari (materi  Klasifikasi animalia)

 

3.Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, garis besar cakupan materi, manfaat pembelajaran, kegiatan yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan termasuk penilaian kemampuan literasi dan penguatan pendidikan karakter.

 

Kegiatan Inti

(70’)

 

   Stimulation (stimulasi/ pemberian rangsangan)

 

4.Melalui bahan ajar yang diberikan melalui Zoom meet, WAG atau google classroom, peserta didik mengamati video/gambar

Klasifikasi animalia

 

 

5.Guru mengajukan pertanyaan berkaitan dengan gambar.

a.Apa saja manfaat yang dapat diambil dari gambar di atas?

b.Mengapa penting bagi kita untuk mempelajari tentang Klasifikasi animalia?

 

 

  Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)

6.Peserta didik mengamati beberapa gambar Klasifikasi animalia  pada bahan ajar yang sudah diberikan untuk dapat memahami tugas yang harus diselesaikan terkait dengan materi pembelajaran:

Klasifikasi animalia.

 

 

  Data collection (Pengumpulan Data).

 

7.Peserta didik mencari sumber yang ada pada bahan ajar, buku pegangan, maupun internet untuk mencari jawaban dari tugas yang diberikan pada Unit  Kerja Belajar Mandiri ( UKBM) secara mandiri dan teliti.

 

 

  Data Processing (Pengolahan Data)

8.Peserta didik  menyelesaikan tugas yang terdapat pada UKBM dengan rasa ingin tahu, kritis, teliti, dan peduli pada lingkungan.

 

  Verification (Pembuktian)

 

9.Peserta didik mengupload tugas yang sudah diselesaikannya melalui WAG atau google classroom dengan disiplin.

16.                                                                          Peserta didik mendapatkan penjelasan/pembahasan dari soal yang ditugaskan yang guru kirimkan.

10.Peserta didik membandingkan jawaban yang sudah dibuatnya dengan pembahasan yang guru berikan dengan rasa ingin tahun dan teliti.

 

 

  Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)

11.Peserta didik menyimak materi  Klasifikasi animalia pada pertemuan kali ini melalui video yang guru berikan linknya atau video gurunya menerangkan atau melalui bahan ajar yang guru berikan dengan rasa ingin tahu dan kritis.

 

Kegiatan Penutup        ( 10 menit)

 

12.Melalui Z00m meet, WAG atau google classroom, guru memfasilitasi kesimpulan materi pembelajaran dan review terhadap proses pembelajaran baik dalam pemahaman materi maupun dalam akses yang digunakan.

13.Guru melakukan penilaian secara umum dari tugas yang sudah dikumpulkan dan menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta didik atas tanggung jawab, kemandirian, dan disiplin yang sudah mereka tunjukkan.

14.Guru menugaskan kepada peserta didik  untuk mendeskripsikan Klasifikasi animalia .

15.Guru menyampaikan materi berikutnya yaitu Peran hewan bagi kehidupan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pertemuan IV   (3  x 30 menit)

 

Kegiatan

Sintaks

Deskripsi Kegiatan

Kegiatan

Pendahuluan 

(10’)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.Melalui  Zoom meet, WAG/google classroom, atau google meet, guru memberikan salam, berdoa sebelum pembelajaran, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran peserta didik,

 

2.Guru mengingatkan materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari (materi Peran hewan bagi kehidupan)

 

3.Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, garis besar cakupan materi, manfaat pembelajaran, kegiatan yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan termasuk penilaian kemampuan literasi dan penguatan pendidikan karakter.

 

Kegiatan Inti

(70’)

 

   Stimulation (stimulasi/ pemberian rangsangan)

 

4.Melalui bahan ajar yang diberikan melalui Zoom meet, WAG atau google classroom, peserta didik mengamati video/gambar

Peran hewan bagi kehidupan

5.Guru mengajukan pertanyaan berkaitan dengan gambar.

a.Bagaimana upaya pelestarian kehati di Indonesia.?

b.Mengapa penting bagi kita untuk mempelajari tentang Peran hewan bagi kehidupan ?

 

 

  Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)

6.Peserta didik mengamati beberapa gambar Peran hewan bagi kehidupan pada bahan ajar yang sudah diberikan untuk dapat memahami tugas yang harus diselesaikan terkait dengan materi pembelajaran:

Peran hewan bagi kehidupan.

 

 

  Data collection (Pengumpulan Data).

 

7.Peserta didik mencari sumber yang ada pada bahan ajar, buku pegangan, maupun internet untuk mencari jawaban dari tugas yang diberikan pada Unit  Kerja Belajar Mandiri ( UKBM) secara mandiri dan teliti.

 

 

  Data Processing (Pengolahan Data)

8.Peserta didik  menyelesaikan tugas yang terdapat pada UKBM dengan rasa ingin tahu, kritis, teliti, dan peduli pada lingkungan.

 

  Verification (Pembuktian)

 

9.Peserta didik mengupload tugas yang sudah diselesaikannya melalui WAG atau google classroom dengan disiplin.

17.                                                                          Peserta didik mendapatkan penjelasan/pembahasan dari soal yang ditugaskan yang guru kirimkan.

10.Peserta didik membandingkan jawaban yang sudah dibuatnya dengan pembahasan yang guru berikan dengan rasa ingin tahun dan teliti.

 

 

  Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)

11.Peserta didik menyimak materi  klasifikasi pada pertemuan kali ini melalui video yang guru berikan linknya atau video gurunya menerangkan atau melalui bahan ajar yang guru berikan dengan rasa ingin tahu dan kritis.

 

Kegiatan Penutup        ( 10 menit)

 

12.Melalui Z00m meet, WAG atau google classroom, guru memfasilitasi kesimpulan materi pembelajaran dan review terhadap proses pembelajaran baik dalam pemahaman materi maupun dalam akses yang digunakan.

13.Guru melakukan penilaian secara umum dari tugas yang sudah dikumpulkan dan menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta didik atas tanggung jawab, kemandirian, dan disiplin yang sudah mereka tunjukkan.

14.Guru menugaskan kepada peserta didik  untuk  merencanakan upaya pelestarian  Kehati di lingkungannya.

15.Guru menyampaikan materi berikutnya yaitu ekologi.

 

 

 

C.   Penilaian Hasil Belajar

No

Aspek yang dinilai

Bentuk Penilaian

Instrumen Penilaian

Waktu Penilaian

1

Sikap

Observasi dan Jurnal

Pengamatan sikap (jurnal)

Selama KBM

2

Pengetahuan

Tes tertulis

Soal tes

Setelah KBM

3

Keterampilan

-  Unjuk kerja

-  Laporan tertulis

-  Pengamatan  unjuk kerja

-  Penilaian laporan tertulis

-  Pada saat presentasi

-  Pengumpulan tugas

 

Jakarta,13 Juli 2020

Kepala Sekolah,                                                                        Guru Pengajar,

 

 

 

Ngadiman, MPd                                                                      Yeni Yuniati,  SPd

 

                                                           

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar