RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Matapelajaran :
Biologi
Kelas/Semester : X/1
Materi
Pokok : PROTISTA
Alokasi
Waktu : 2 PERTEMUAN ( 3 X 30
MENIT)
A.
Tujuan Pembelajaran
Melalui
model pembelajaran
discovery learning serta metode penugasan, tanya jawab, dan ceramah melalui
tayangan video, peserta
didik dapat:
3.6.1
Mendeskripsikan ciri-ciri umum Protista berdasarkan pengamatan.
3.6.2
Mengenali protista berdasarkan ciri-ciri
morpologinya.
3.6.3
Meengidentifikasi organisme Protista
mirip jamur, mirip tumbuhan, dan mirip hewan berdasarkan pengamatan.
3.6.4
Menjelaskan dasar pengelompokkan
organisme protista mirip jamur, mirip tumbuhan dan mirip hewan.
3.6.5
Menjelaskan cara-cara perkembangbiakan
organisme Protista.
dengan rasa
ingin tahu, peduli
terhadap permasalahan lingkungan hidup, kritis, teliti,
tanggung jawab, mandiri, disiplin,
serta berani dan santun
dalam mengajukan pertanyaan.
B. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan I (3 x
30 menit)
Kegiatan |
Sintaks |
Deskripsi
Kegiatan |
Kegiatan
Pendahuluan (10’) |
|
1. Melalui
Zoom meet, WAG/google classroom, atau google meet, guru memberikan salam, berdoa
sebelum pembelajaran,
menanyakan
kabar, dan mengecek
kehadiran peserta didik, 2. Guru mengingatkan
materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari (materi Ciri-ciri umum protista dan penggolongannya 3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran, garis besar cakupan materi, manfaat
pembelajaran, kegiatan
yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
termasuk penilaian kemampuan literasi dan penguatan pendidikan karakter. |
Kegiatan Inti (70’) |
Stimulation (stimulasi/ pemberian rangsangan) |
1. Melalui
bahan ajar yang diberikan melalui Zoom
meet , WAG atau google classroom, peserta didik mengamati gambar Ciri-ciri umum
protista dan penggolongannya. 2. Guru
mengajukan pertanyaan berkaitan dengan gambar. a.
Apakah Ciri dari bakteri
berdasarkan gambar tersebut? b.
Mengapa penting bagi kita untuk
mempelajari tentang Karakteristik
dan perkembangbiakan bakteri, Dasar pengelompokan bakteri.? |
|
Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah) |
3. Peserta
didik mengamati beberapa gambar Ciri-ciri umum
protista dan penggolongannya. pada bahan ajar yang sudah
diberikan untuk dapat memahami tugas
yang harus diselesaikan terkait dengan materi pembelajaran: Ciri-ciri umum
protista dan penggolongannya dengan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan. |
|
Data collection (Pengumpulan Data). |
4. Peserta
didik mencari sumber yang ada pada
bahan ajar, buku pegangan, maupun internet untuk mencari jawaban dari tugas
yang diberikan pada Unit Kerja Belajar
Mandiri ( UKBM) secara mandiri dan
teliti. |
|
Data Processing (Pengolahan Data) |
5.
Peserta didik menyelesaikan
tugas yang terdapat pada UKBM dengan rasa ingin
tahu, kritis, teliti, dan peduli pada lingkungan. |
|
Verification (Pembuktian) |
6.
Peserta
didik mengupload tugas yang sudah diselesaikannya melalui Zoom meet , WAG atau
google classroom dengan disiplin. 7.
Peserta
didik mendapatkan penjelasan/pembahasan
dari soal yang ditugaskan yang guru kirimkan. 8.
Peserta
didik membandingkan jawaban yang sudah dibuatnya dengan pembahasan yang guru
berikan dengan rasa ingin tahun dan
teliti. |
|
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi) |
9.
Peserta
didik menyimak materi Tingkat Kehati
pada pertemuan kali ini melalui video yang guru berikan linknya atau video
gurunya menerangkan atau melalui bahan ajar yang guru berikan dengan rasa ingin tahu dan kritis. |
Kegiatan Penutup ( 10 menit) |
|
1. Melalui
Zoom meet, WAG atau google classroom, guru memfasilitasi kesimpulan
materi pembelajaran dan reviu
terhadap proses pembelajaran baik dalam pemahaman materi maupun dalam akses
yang digunakan. 2. Guru melakukan
penilaian secara umum dari tugas yang sudah dikumpulkan dan menyampaikan
apresiasi kepada seluruh peserta didik atas tanggung jawab, kemandirian, dan disiplin yang sudah mereka
tunjukkan. 3. Guru
menugaskan kepada peserta didik untuk
merencanakan Tindakan solusi permasalahan Biologi. 4. Guru menyampaikan
materi berikutnya yaitu. |
Pertemuan II (3 x
30 menit)
Kegiatan |
Sintaks |
Deskripsi
Kegiatan |
Kegiatan
Pendahuluan (10’) |
|
1. Melalui Zoom meet, WAG/google classroom, atau
google meet, guru
memberikan salam, berdoa sebelum pembelajaran, menanyakan kabar, dan
mengecek kehadiran
peserta didik, 2. Guru mengingatkan
materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari (materi Ciri-ciri umum
Protista mirip jamur (jamur lendir/ Slime Mold), tumbuhan (Alga) dan hewan
(protozoa) 3. Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran, garis besar cakupan materi, manfaat
pembelajaran, kegiatan
yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan
termasuk penilaian kemampuan literasi dan penguatan pendidikan karakter. |
Kegiatan Inti (70’) |
Stimulation (stimulasi/ pemberian rangsangan) |
4. Melalui
bahan ajar yang diberikan melalui Zoom meet, WAG atau google classroom,
peserta didik mengamati video/gambar Ciri-ciri
umum Protista mirip jamur (jamur lendir/ Slime Mold), tumbuhan (Alga) dan
hewan (protozoa) 5. Guru
mengajukan pertanyaan berkaitan dengan gambar. a.Apakah Ciri-ciri umum
Protista mirip jamur (jamur lendir/ Slime Mold), tumbuhan (Alga) dan hewan
(protozoa)? b.Mengapa penting bagi kita untuk mempelajari tentang Ciri-ciri umum Protista mirip jamur (jamur lendir/
Slime Mold), tumbuhan (Alga) dan hewan (protozoa)? |
|
Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah) |
6. Peserta
didik mengamati beberapa gambar Ciri-ciri umum Protista mirip jamur (jamur lendir/
Slime Mold), tumbuhan (Alga) dan hewan (protozoa) pada bahan ajar yang sudah
diberikan untuk dapat memahami tugas
yang harus diselesaikan terkait dengan materi pembelajaran: Ciri-ciri umum
Protista mirip jamur (jamur lendir/ Slime Mold), tumbuhan (Alga) dan hewan
(protozoa) . |
|
Data collection (Pengumpulan Data). |
7. Peserta
didik mencari sumber yang ada pada
bahan ajar, buku pegangan, maupun internet untuk mencari jawaban dari tugas
yang diberikan pada Unit Kerja Belajar
Mandiri ( UKBM) secara mandiri dan
teliti. |
|
Data Processing (Pengolahan Data) |
8.
Peserta didik menyelesaikan
tugas yang terdapat pada UKBM dengan rasa ingin
tahu, kritis, teliti, dan peduli pada lingkungan. |
|
Verification (Pembuktian) |
9.
Peserta
didik mengupload tugas yang sudah diselesaikannya melalui WAG atau google
classroom dengan disiplin. 10.
Peserta
didik mendapatkan penjelasan/pembahasan
dari soal yang ditugaskan yang guru kirimkan. 11. Peserta didik membandingkan jawaban yang sudah
dibuatnya dengan pembahasan yang guru berikan dengan rasa ingin tahun dan teliti. |
|
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi) |
12. Peserta didik menyimak
materi Ciri-ciri umum Protista mirip jamur (jamur lendir/
Slime Mold), tumbuhan (Alga) dan hewan (protozoa) pada
pertemuan kali ini melalui video yang guru berikan linknya atau video gurunya
menerangkan atau melalui bahan ajar yang guru berikan dengan rasa ingin tahu dan kritis. |
Kegiatan Penutup ( 10 menit) |
|
13. Melalui
Z00m meet, WAG atau google classroom, guru memfasilitasi kesimpulan materi
pembelajaran dan review
terhadap proses pembelajaran baik dalam pemahaman materi maupun dalam akses
yang digunakan. 14. Guru melakukan
penilaian secara umum dari tugas yang sudah dikumpulkan dan menyampaikan
apresiasi kepada seluruh peserta didik atas tanggung jawab, kemandirian, dan disiplin yang sudah mereka
tunjukkan. 15. Guru
menugaskan kepada peserta didik untuk
merencanakan Tindakan pencegahan penyakit akibat virus. 16. Guru menyampaikan
materi berikutnya yaitu.Peranan
protista |
Kegiatan |
Sintaks |
Deskripsi Kegiatan |
Kegiatan Pendahuluan (10’) |
|
1.Melalui Zoom meet, WAG/google classroom, atau
google meet, guru
memberikan salam, berdoa
sebelum pembelajaran, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran peserta
didik, 2.Guru mengingatkan materi sebelumnya
dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari (materi Peranan protista dalam
kehidupan 3.Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran, garis besar cakupan materi, manfaat pembelajaran, kegiatan
yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan termasuk penilaian kemampuan literasi dan penguatan
pendidikan karakter. |
Kegiatan
Inti (70’) |
Stimulation (stimulasi/ pemberian rangsangan) |
4.Melalui bahan ajar yang
diberikan melalui Zoom meet, WAG atau google classroom, peserta didik
mengamati video/gambar Peranan
protista dalam kehidupan 5.Guru mengajukan pertanyaan
berkaitan dengan gambar. a.Apakah Peranan
protista dalam kehidupan? b.Mengapa
penting bagi kita untuk mempelajari tentang Peranan
protista dalam kehidupan? |
|
Problem statement (pernyataan/
identifikasi masalah) |
6.Peserta didik mengamati
beberapa gambar Peranan protista dalam kehidupan pada bahan ajar yang sudah diberikan untuk dapat memahami tugas yang harus
diselesaikan terkait dengan materi pembelajaran: Peranan protista dalam kehidupan. |
|
Data collection (Pengumpulan Data). |
7.Peserta didik mencari sumber yang ada pada bahan
ajar, buku pegangan, maupun internet untuk mencari jawaban dari tugas yang
diberikan pada Unit Kerja Belajar
Mandiri ( UKBM) secara
mandiri dan teliti. |
|
Data Processing (Pengolahan Data) |
8.Peserta didik menyelesaikan
tugas yang
terdapat pada UKBM dengan rasa ingin
tahu, kritis, teliti, dan peduli pada lingkungan. |
|
Verification (Pembuktian) |
9.Peserta didik mengupload tugas yang sudah
diselesaikannya melalui WAG atau google classroom dengan disiplin. 17.
Peserta
didik mendapatkan penjelasan/pembahasan
dari soal yang ditugaskan yang guru kirimkan. 10.Peserta didik membandingkan jawaban yang sudah
dibuatnya dengan pembahasan yang guru berikan dengan rasa ingin tahun dan teliti. |
|
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi) |
11.Peserta didik menyimak
materi Peranan protista dalam
kehidupan pada
pertemuan kali ini melalui video yang guru berikan linknya atau video gurunya
menerangkan atau melalui bahan ajar yang guru berikan dengan rasa ingin tahu dan kritis. |
Kegiatan
Penutup ( 10 menit) |
|
18. Melalui
Z00m meet, WAG atau google classroom, guru memfasilitasi kesimpulan materi
pembelajaran
dan review terhadap proses
pembelajaran baik dalam pemahaman materi maupun dalam akses yang digunakan. 19. Guru melakukan penilaian secara umum
dari tugas yang sudah dikumpulkan dan menyampaikan apresiasi kepada seluruh
peserta didik
atas tanggung jawab, kemandirian, dan
disiplin yang sudah mereka tunjukkan. 20. Guru
menugaskan kepada peserta didik untuk
merencanakan Tindakan pencegahan penyakit akibat virus. 21. Guru menyampaikan materi berikutnya yaitu.Plantae |
C. Penilaian Hasil Belajar
No |
Aspek yang dinilai |
Bentuk Penilaian |
Instrumen Penilaian |
Waktu Penilaian |
1 |
Sikap |
Observasi dan Jurnal |
Pengamatan sikap (jurnal) |
Selama KBM |
2 |
Pengetahuan |
Tes tertulis |
Soal tes |
Setelah KBM |
3 |
Keterampilan |
-
Unjuk kerja -
Laporan tertulis |
-
Pengamatan unjuk kerja -
Penilaian laporan tertulis |
-
Pada saat presentasi -
Pengumpulan tugas |
Mengetahui, Jakarta,
Juli 2020
Kepala
Sekolah, Guru
Pengajar,
Ngadiman,
SPd Yeni
Yuniati, SPd.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar