Total Tayangan Halaman

Selasa, 01 September 2020

RPP . BAKTERI 1 LEMBAR/ RPP 1 LEMBAR BAKTERI, KELAS X

  

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                        : SMA ISLAM  AL AZHAR 1 Jakarta

Matapelajaran               : Biologi

Kelas/Semester             : X/1

Materi Pokok                : BAKTERI

Alokasi Waktu           : 2 PERTEMUAN ( 3 X 30 MENIT)

 

A.  Tujuan Pembelajaran

Melalui model pembelajaran discovery learning serta metode penugasan, tanya jawab, dan ceramah melalui tayangan video, peserta didik dapat:

3.5.1    Menjelaskan ciri-ciri archebacteria dan eubacteria 

3.5.2    Membedakan ciri-ciri archebacteria dan eubacteria.

3.5.3    Menjelakan cara mengisolasi bakteri.

3.5.4    Menjelaskan cara perkembangbiakan bakteri.

3.5.5    Menjelaskan berbagai peranan bakteri yang menguntungkan/merugikan dalam kehidupan

dengan rasa ingin tahu, peduli terhadap permasalahan lingkungan hidup, kritis, teliti, tanggung jawab, mandiri, disiplin, serta berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan.

 

B. Langkah-langkah Pembelajaran

           

Pertemuan I   (3  x 30 menit)

 

Kegiatan

Sintaks

Deskripsi Kegiatan

Kegiatan

Pendahuluan 

(10’)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.       Melalui Zoom meet, WAG/google classroom, atau google meet, guru memberikan salam, berdoa sebelum pembelajaran, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran peserta didik,

2.       Guru mengingatkan materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari (materi Karakteristik dan perkembangbiakan bakteri, Dasar pengelompokan bakteri)

3.       Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, garis besar cakupan materi, manfaat pembelajaran, kegiatan yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan termasuk penilaian kemampuan literasi dan penguatan pendidikan karakter.

Kegiatan Inti

(70’)

 

   Stimulation (stimulasi/ pemberian rangsangan)

 

1.     Melalui bahan ajar yang diberikan melalui  Zoom meet , WAG atau google classroom, peserta didik mengamati gambar  Karakteristik dan perkembangbiakan bakteri, Dasar pengelompokan bakteri.


2.     Guru mengajukan pertanyaan berkaitan dengan gambar.

a.     Apakah Ciri dari bakteri berdasarkan gambar tersebut?

b.     Mengapa penting bagi kita untuk mempelajari tentang Karakteristik dan perkembangbiakan bakteri, Dasar pengelompokan bakteri.?

 

 

  Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)

3.    Peserta didik mengamati beberapa gambar Karakteristik dan perkembangbiakan bakteri, Dasar pengelompokan bakteri..   pada bahan ajar yang sudah diberikan untuk dapat memahami tugas yang harus diselesaikan terkait dengan materi pembelajaran:

Karakteristik dan perkembangbiakan bakteri, Dasar pengelompokan bakteri..dengan kaitannya  dengan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan.

 

 

  Data collection (Pengumpulan Data).

 

4.    Peserta didik mencari sumber yang ada pada bahan ajar, buku pegangan, maupun internet untuk mencari jawaban dari tugas yang diberikan pada Unit  Kerja Belajar Mandiri ( UKBM) secara mandiri dan teliti.

 

 

  Data Processing (Pengolahan Data)

5.    Peserta didik  menyelesaikan tugas yang terdapat pada UKBM dengan rasa ingin tahu, kritis, teliti, dan peduli pada lingkungan.

 

 

  Verification (Pembuktian)

 

6.    Peserta didik mengupload tugas yang sudah diselesaikannya melalui Zoom meet , WAG atau google classroom dengan disiplin.

7.    Peserta didik mendapatkan penjelasan/pembahasan dari soal yang ditugaskan yang guru kirimkan.

8.    Peserta didik membandingkan jawaban yang sudah dibuatnya dengan pembahasan yang guru berikan dengan rasa ingin tahun dan teliti.

 

 

  Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)

9.    Peserta didik menyimak materi Tingkat Kehati pada pertemuan kali ini melalui video yang guru berikan linknya atau video gurunya menerangkan atau melalui bahan ajar yang guru berikan dengan rasa ingin tahu dan kritis.

 

Kegiatan Penutup        ( 10 menit)

 

1.        Melalui  Zoom meet, WAG atau google classroom, guru memfasilitasi kesimpulan materi pembelajaran dan reviu terhadap proses pembelajaran baik dalam pemahaman materi maupun dalam akses yang digunakan.

2.       Guru melakukan penilaian secara umum dari tugas yang sudah dikumpulkan dan menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta didik atas tanggung jawab, kemandirian, dan disiplin yang sudah mereka tunjukkan.

3.       Guru menugaskan kepada peserta didik  untuk merencanakan Tindakan solusi permasalahan Biologi.

4.       Guru menyampaikan materi berikutnya yaitu.

 

 

Pertemuan II   (3  x 30 menit)

 

Kegiatan

Sintaks

Deskripsi Kegiatan

Kegiatan

Pendahuluan 

(10’)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.     Melalui  Zoom meet, WAG/google classroom, atau google meet, guru memberikan salam, berdoa sebelum pembelajaran, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran peserta didik,

2.     Guru mengingatkan materi sebelumnya dan mengaitkan dengan materi yang akan dipelajari (materi  Pengecatan gram dan Peran bakteri dalam kehidupan

3.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, garis besar cakupan materi, manfaat pembelajaran, kegiatan yang akan dilakukan, serta lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan termasuk penilaian kemampuan literasi dan penguatan pendidikan karakter.

Kegiatan Inti

(70’)

 

   Stimulation (stimulasi/ pemberian rangsangan)

 

4.      Melalui bahan ajar yang diberikan melalui Zoom meet, WAG atau google classroom, peserta didik mengamati video/gambar Pengecatan gram dan Peran bakteri dalam kehidupan

 

5.       Guru mengajukan pertanyaan berkaitan dengan gambar.

a.Apakah Pengecatan gram dan Peran bakteri dalam kehidupan?

b.Mengapa penting bagi kita untuk mempelajari tentang Pengecatan gram dan Peran bakteri dalam kehidupan?

 

 

  Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)

6.     Peserta didik mengamati beberapa gambar Pengecatan gram dan Peran bakteri dalam kehidupan   pada bahan ajar yang sudah diberikan untuk dapat memahami tugas yang harus diselesaikan terkait dengan materi pembelajaran:

Pengecatan gram dan Peran bakteri dalam kehidupan.

 

  Data collection (Pengumpulan Data).

 

7.     Peserta didik mencari sumber yang ada pada bahan ajar, buku pegangan, maupun internet untuk mencari jawaban dari tugas yang diberikan pada Unit  Kerja Belajar Mandiri ( UKBM) secara mandiri dan teliti.

 

 

  Data Processing (Pengolahan Data)

8.     Peserta didik  menyelesaikan tugas yang terdapat pada UKBM dengan rasa ingin tahu, kritis, teliti, dan peduli pada lingkungan.

 

  Verification (Pembuktian)

 

9.   Peserta didik mengupload tugas yang sudah diselesaikannya melalui WAG atau google classroom dengan disiplin.

10.                                                                          Peserta didik mendapatkan penjelasan/pembahasan dari soal yang ditugaskan yang guru kirimkan.

11.  Peserta didik membandingkan jawaban yang sudah dibuatnya dengan pembahasan yang guru berikan dengan rasa ingin tahun dan teliti.

 

 

  Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)

12. Peserta didik menyimak materi  Pengecatan gram dan Peran bakteri dalam kehidupan pada pertemuan kali ini melalui video yang guru berikan linknya atau video gurunya menerangkan atau melalui bahan ajar yang guru berikan dengan rasa ingin tahu dan kritis.

Kegiatan Penutup        ( 10 menit)

 

13.  Melalui Z00m meet, WAG atau google classroom, guru memfasilitasi kesimpulan materi pembelajaran dan review terhadap proses pembelajaran baik dalam pemahaman materi maupun dalam akses yang digunakan.

14.  Guru melakukan penilaian secara umum dari tugas yang sudah dikumpulkan dan menyampaikan apresiasi kepada seluruh peserta didik atas tanggung jawab, kemandirian, dan disiplin yang sudah mereka tunjukkan.

15.  Guru menugaskan kepada peserta didik  untuk merencanakan Tindakan pencegahan penyakit akibat virus.

16.  Guru menyampaikan materi berikutnya yaitu.Protista

 

 

 

C.   Penilaian Hasil Belajar

No

Aspek yang dinilai

Bentuk Penilaian

Instrumen Penilaian

Waktu Penilaian

1

Sikap

Observasi dan Jurnal

Pengamatan sikap (jurnal)

Selama KBM

2

Pengetahuan

Tes tertulis

Soal tes

Setelah KBM

3

Keterampilan

-  Unjuk kerja

-  Laporan tertulis

-  Pengamatan  unjuk kerja

-  Penilaian laporan tertulis

-  Pada saat presentasi

-  Pengumpulan tugas

 

 

 

Mengetahui,                                                                       Jakarta, 13  Juli 2020

Kepala Sekolah,                                                                        Guru Pengajar,

 

 

 

Ngadiman, MPd                                                                        Yeni Yuniati, SPd.

                                                           

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar